Sayyid Fathurrohman Hardika

RADAR JOGJA- KKN IT 180 Universitas Muhammadiyah  Jogjakarta melaksanakan program pengembangan masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19. Program pengabdian kali ini dilaksanakan secara semi-luring, artinya kegiatan KKN ini tidak semuanya dilakukan secara offline.

Kelompok KKN IT 180 sendiri mengangkat tema ”Pemberdayaan Masyarakat Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi” dengan tema tersebut kami melakukan pengembangan terhadap usaha ekonomi para mitra KKN, baik itu di sektor UMKM maupun di sektor Organisasi Masyarakat Desa.

Kelompok kami melakukan pemberdayaan di Al-Iman Boga dan Jama’ah masjid Al-Iman, di daerah Kalibayem, RT 08, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, dan Intan Ramadhani Snack, tepatnya di daerah Jl. Sorogenen I, Sorogenen I, Kec. Kalasan, Kab. Sleman.

Jenis UMKM milik Boga Al-Iman sendiri adalah catering makanan, sedangkan Intan Ramadhani Snack sendiri adalah snack keripik sayur dimana ditengah pandemi Covid-19 UMKM yang didasari oleh sistem penjualan konvensional saat ini mengalami kondisi yang cukup sulit.

Oleh karena itu kami membuat sebuah program dan beberapa pelatihan yang cukup membantu UMKM Boga Al-Iman, Snack Intan Ramadhani dan Jama’ah Masjid Al-iman. Beberapa program tersebut diantaranya Strategi Branding UMKM yang berisi tentang materi pengenalan sistem promosi berbasis E-Commerce kepada pelaku UMKM dengan harapan dapat memasifkan penjualan di platform E-Commerce yang tersedia di Indonesia.

Strategi Marketing program ini juga didasari oleh pengenalan media sosial kepada para pelaku bisnis UMKM, sehingga nantinya dapat dengan mudah melakukan promosi via media sosial,karena di era modern seperti hari ini media sosial menjadi kunci bagi bisnis UMKM.

Sosialisasi terkait Covid-19 yang dimaksudkan agar masyarakat dapat mewaspadai dan menghentikan persebaran virus Covid-19; Mengajar TPA di Masjid Al-Iman, agar para pengabdi dapat memiliki pengalaman pengabdian ke masyarakat serta turut andil dalam proses belajar adik adik di TPA Al-Iman; dan Pelatihan perawatan dan Sholat jenazah, program ini dilaksanakan agar masyarakat, khususnya Jama’ah Masjid Al-Iman dapat memahami bagaimana cara perawatan dan tata cara sholat jenazah. Terkhususnya disaat pandemi . (*/sky)

Opini