KULIAH Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral di waktu tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Kehadiran Pandemi Covid-19 ini mengakibatkan perubahan tatanan masyarakat di Indonesia. Pelaksanaan KKN tahun ini pun ikut mengalami perubahan, dengan adanya pandemi UNS berinisiatif menyelenggarakan KKN Relawan Covid-19. Kegiatan KKN Relawan Covid-19 ini dilakukan dengan cara mahasiswa melaksanakan programnya di tempat tinggal masing-masing secara mandiri dan tidak berkelompok. Namun tetap mendapat bimbingan oleh dosen pembimbing lapangan secara daring.

Pelaksanaan KKN Relawan Covid-19 ini dibagi menjadi 3 tahap atau batch. Dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Prof Dr Okid Parama Astirin, MSi, seorang mahasiswa Fakultas Hukum UNS yakni Wikandaru Soni Puspantoro dengan NIM E0017488, juga turut melaksanakan KKN Relawan Covid-19 batch satu.

Kegiatan yang dilakukan di lingkungan tempat tinggalnya yakni di RT 03 Dusun Sareyan, Desa Karangtalun, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIJ tersebut berfokus pada pemberian edukasi tentang protokol kesehatan seperti pemakaian masker dan hand sanitizer. Juga edukasi terkait Covid-19 serta penerapan pola hidup bersih dan sehat yang dilakukan secara daring melalui Whatsapp maupun media sosial lainnya.

Pemberian edukasi tersebut dibuat dalam wujud membagikan masker dan hand sanitizer ke sejumlah warga guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya memakai masker saat keluar rumah. Lalu memasang banner bergambar ilustrasi pencegahan COVID-19, membuat video yang memuat tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar, pentingnya menggunakan masker, Selain itu juga edukasi new normal, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat.

Program KKN Relawan COVID-19 ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat. Peran Pemerintah dan Masyarakat sama-sama penting dalam membantu menekan penyebaran COVID-19. Pemerintah dengan memberlakukan berbagai kebijakan guna menekan penyebaran COVID-19, lalu masyarakat dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menaati peraturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Dengan adanya program KKN Relawan COVID-19 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta dapat menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia. (ila)

* Penulis merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Opini