DI TENGAH situasi perpolitikan yang sedang memanas pasca pengumuman hasil pemilu, masyarakat sangat merindukan suasana kedamaian dan ketenteraman. Terlebih di bulan suci Ramadan kemarin, masyarakat selayaknya dapat memanfaatkan momen bulan yang penuh ampunan, berkah dan kasih sayang ini untuk berbuat kebaikan terhadap sesama. Sebagaimana kegiatan buka bersama yang teah digelar oleh Komisi Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan, Gereja Santo Antonius Kotabaru kemarin.

Acara buka bersama ini mengusung tema ”Ramadhan Bulan Penuh Berkah, Berkah Bagi Sesama” ini berlangsung pada Senin, 27 Mei 2019. Acara ini memang menarik, selain diadakan di sebuah gereja, juga dihadiri oleh berbagai komunitas masyarakat lintas iman. Menurut ketua panitia acara ini Elna Febi, acara ini bertujuan sebagai wadah menyambung persaudaraan umat beragama dalam keberagaman yang di bulan penuh berkah.

Beberapa komunitas turut hadir menyemarakkan kegiatan buka bersama ini diantaranya Pemuda Masjid Syuhada Kotabaru, Pemuda Masjid Baitul Qohhar UII, Laskar Pembela Garuda, Pemuda Pancasila, Gebrak (Gerakan Bersama Atasi Kriminalitas) serta Granat (Gerakan Anti Narkoba). Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Pendeta Romo Macharius Maharsono Probho SJ dan beberapa perwakilan dari instansi pemerintah seperti Babinsa Kotabaru, Bhabinkamtibmas, Kementrian Agama Kecamatan Gondokusuman. Kegiatan semacam ini semestinya tidak hanya sekadar seremonial saja. Melainkan dapat menjadi pembuka jalur komunikasi antar komunitas maupun umat beragama. Sehingga dapat memperkuat harmoni kerukunan antar masyarakat. Dengan demikian ketenrtaraman dan kedamaian di tengah masyarakat tidak hanya menjadi slogan belaka. (ila)

 

*Penulis merupakan Mahasiswa UNY dan pengurus Corps Dakwah Masjid Syuhada.

Opini