Warna kulit manusia ditentukan oleh pigmen kulit yang disebut melanin yang dihasilkan dari melanosit. Jumlah melanosit pada setiap kulit manusia itu sama, apapun ras nya.

Jadi mengapa ada orang berkulit gelap dan ada orang berkulit terang? Itu karena perbedaan aktivitasnya terhadap sel keratinosit yaitu sel yang ada di bagian atas kulit. Pada orang yang berkulit gelap melanosit nya memproduksi lebih banyak melanin dan mengalami degradasi/penurunan aktivitas yang lebih lambat daripada orang yang berkulit terang.

Ada 2 tipe melanin yang diproduksi yaitu eumelanin (pigmen gelap) dan pheomelanin (pigmen terang). Dua jenis melanin inilah yang membuat perbedaan warna kulit dan rambut. Orang berkulit hitam akan punya lebih banyak eumelanin sedangkan kulit putih lebih banyak mempunyai pheomelanin.

Paparan sinar matahari berlebih akan mempengaruhi warna kulit juga. Paparan sinar UV akan membuat meningkatnya sel keratinosit untuk bereaksi dengan melanin sehingga akan menimbulkan hiperpigmentasi (pigmentasi berlebih).

Apakah ada suplement untuk membuat kulit putih? Para ahli kulit menyebutnya tidak membuat kulit putih, tetapi akan membuat kulit lebih cerah. Suplement seperti Glutation, Soybean, Vitamin C, akan menurunkan transfer melanosit sehingga akan membuat kulit lebih cerah.

Mengapa orang kulit putih suka berjemur?

Selain karena orang kulit putih menganggap kulit yang bagus berwarna coklat, menurut studi dan penelitian memang terdapat hubungan antara tanning (berjemur) dengan diproduksinya hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon yang membuat kita merasa senang dan rileks. Maka dari itu tanning bisa membuat adiksi/ketagihan karena bisa membuat perasaan menjadi senang. Ayooo siapa yang suka pergi ke pantai terus ketagihan?. (ila)

*Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana Jogjakarta

Opini