alexametrics Category: Opini • Radar Jogja

Merdeka Belajar dan Gelora Budaya saat Hari Kemerdekaan

Kegiatan belajar budaya seperti uraian penulis di atas, idealnya dilakukan serentak, yaitu tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 di rumah masing-masing peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan bimbingan guru dan orang tua.

Jalan Terjal Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan SDGs mencakup 17 sasaran dan 169 target untuk menghapuskan kemiskinan, menurunkan ketimpangan dan mengatasi masalah perubahan iklim, dengan target tahun 2030. Namun dengan mewabahnya virus covid-19 di seluruh penjuru dunia, target capaian pada tahun 2030 perlu dievaluasi kembali. Capaian SDGs beberapa negara sejak tahun 2015 diperkirakan akan memburuk mulai dari tingkat kemiskinan, kualitas kesehatan, perluasan pendidikan dan ketimpangan pendapatan.

Literasi Politik Cegah Dinasti Politik

Alih-alih apresiasi, nampaknya yang diperoleh Gibran malah kritikan pedas dari berbagai pihak. Banyak pihak menganggap sikap politik Gibran kurang etis, lantaran belum memiliki track record politik yang kurang kuat, belum mengikuti kaderisasi partai secara bertahap, dan seolah-seolah mencatut nama “anak presiden”.

Bantuan Desa Bantu Ringankan Beban Ekonomi

Selama masa pandemi Covid-19 pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat berusaha supaya BLT DD tersebut bisa tersalurkan dengan baik, agar tidak terjadi keributan akibat dari ketidakmerataan pembagian BLT DD tersebut.

Mengukir Asa Bersama KKN Papua Emas

Nimbokrang merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, sebanyak 7.347 jiwa penduduk berdomisili di Nimbokrang. Distrik Nimbokrang memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Luasnya area hutan, pohon sagu, pertanian, perikanan, dan perternakan menjadi potensi besar yang dimiliki Nimbokrang.

Pola Asuh Tepat Kunci Indonesia Emas di 2045

Drone parenting adalah pola asuh yang paling efektif diantara pola asuh lainnya. Pola asuh ini membentuk pribadi anak yang lebih ekspreksif. Dengan diberikannya kebebasan, anak akan lebih terbuka dan berani mengutarakan pendapatnya. Ketika mereka berdiskusi masalah, anak akan memberikan tanggapan tanpa adanya rasa takut. Ekpresif dan berani mengemukakan pendapat merupakan karakter yang sangat dibutuhkan saat ini.

Wabah, Masker, dan Normalisasi Kecemasan

Aturan protokol kesehatan secara positif memang bisa dianggap sebagai panduan penting untuk pencapaian target kesehatan, namun dalam sisi yang lain juga bisa difahami sebagai bentuk lain dari bekerjanya strategi ‘biopolitik’ secara lebih luas akan mengontrol dimensi hidup masyarakat

Satu Desa, Satu Lembaga Pendidikan Keaksaraan

Lembaga pendidikan keaksaraan juga dituntut untuk mengemas kegiatannya sesuai dengan kebutuhan zaman. Era digital yang serba aplikasi menuntut pendidikan keaksaraan mengurangi gaya klasik pembelajaran.

Melawan Resesi lewat E-commerce

Situasi paradoks terjadi pada usaha jasa pengiriman barang. Pada saat terjadi lonjakan order pengiriman barang dari transaksi online, proses pengiriman mengalami kendala besar akibat PSBB. Usaha jasa pengiriman perlu mencari ide untuk mempercepat waktu kirim dan menerapkan protokol kesehatan terhadap barang yang dikirim.

Safety First! Standar Bekerja saat New Normal

Kesiapan di tempat kerja menjadi sebuah keharusan agar tempat kerja tidak berubah menjadi klaster baru penularan Covid-19. Potensi tempat kerja menjadi klaster sangat besar karena di sana ada banyak pekerja yang berinteraksi di tempat kerja.

Geliat Bahasa Indonesia dalam Riuh Rendah Seleksi CPNS

Menggeliatnya Bahasa Indonesia dalam Seleksi CPNS Tahun Anggaran 2019 memang menjadi sesuatu yang unik, tetapi jika kita mau berpikir lebih mendalam, kita akan berkesimpulan bahwa memang sudah sepatutnya bahasa Indonesia yang terikrar dalam Sumpah Pemuda 92 tahun silam ini tercantum sebagai alat ukur wawasan kebangsaan para calon abdi negara.

Penghematan Listrik di Tengah New Normal

Maka langkah terbaik yang bisa dilakukan bersama adalah melakukan penghematan listrik. Cara sederhana yang dapat diterapkan adalah menggunakan lampu rumah tangga sehemat mungkin. Lampu di dalam rumah cukup dinyalakan di antara jam 17.00 – 22.00. Sedangkan untuk waktu yang tersisa, lampu dimatikan saja. Menurut beberapa penelitian, energi listrik dalam bangunan, paling banyak disebabkan oleh penghidupan lampu yang terlalu lama.

Mengapa Korupsi Tetap Eksis?

Hal ini mengindikasikan bahwa masih banyak instansi pemerintah, khususnya pemerintah daerah belum mengelola anggaran berbasis kinerja secara efektif, efisien, dan ekonomis yang berdasarkan konseptualisasi “value for money”.

Gowes Secara Aman

Apabila tersedia jalur sepeda tetapi pesepeda dengan sengaja menggunakan jalur kendaraan bermotor atau jalur motor dan mobil maka pesepeda dapat dipidana kurungan maksimal 15 hari atau denda maksimal Rp 100.000,- Aturan ini terdapat di Pasal 299 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dualisme, Kaya dan Miskin

Dalam paham kebaikan bersama, hak-hak individu tetap diakui, tetapi tidak sebagai instansi terakhir, karena semua hak individual harus digabungkan pada taraf lebih tinggi dalam kebaikan bersama.

Gotong Royong KKG Jelang Adaptasi Pembelajaran saat Pandemi

Pembelajaran yang disajikan merupakan pembelajaran bermakna dan memuat kecakapan hidup. Surat edaran tersebut dikeluarkan ketika akhir tahun ajaran. Namun, sebagai guru harus bisa menyikapinya ketika tahun ajaran baru telah datang.