alexametrics

Sekolah Tak Boleh Mempersulit Setiap Orang untuk Belajar

ADANYA pandemic Covid-19 ini membuat proses belajar mengajar di sekolah menemui gaya baru. Sudah hampir satu tahun tak ada sekolah tatap muka, semua dilakukan secara daring (online). Kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan via Zoom, Google Class, Google Meeting, dan menggunakan aplikasi lain yang disesuaikan oleh masing-masing sekolah.

Menjadi “Buddha” dalam Keseharian

Pada kenyataannya, Buddha memiliki banyak aliran, kitab suci yang menjadi pegangan juga berbeda, vihara juga berbeda. Agama Buddha tidak mengenal Tuhan sebagai person, termasuk tidak menganggapnya pencipta dan pengatur kehidupan.

Remaja Sehat Bebas Anemia, Harapan Generasi Emas 2045

Beberapa catatan yang masih menjadi keprihatinan adalah berdasarkan data riset kesehatan dasar tahun 2018. Itu menunjukkan jumlah remaja yang anemia sebanyak 32% artinya terdapat 3-4 dari 10 remaja yang menderita anemia.

Reorientasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Abad 21

Model belajar bahasa di era abad 21 ini sangat beragam. Belajar bahasa Arab tidak hanya melalui bangku sekolah formal dengan biaya mahal, namun sudah sangat mudah dijumpai melalui kegiatan kegiatan tidak resmi dan informal melalui media sosial seperti facebook, WAG, instagram, telegram dsb.

Mengatasi Masalah Pembelajaran Daring

SEJAK Covid-19 menyerang, banyak sektor dari kehidupan ini yang terkena imbasnya. Tak terkecuali di sektor pendidikan yang mengaharuskan sekolah menutup kegiatan belajar mengajarnya. Siswa diharuskan belajar dari rumah, yang ternyata menimbulkan banyak kendala. Sudah sekitar 8 bulan siswa belajar dirumah atau istilahnya belajar daring.

Guspardi: Ada UU Omnibus Law, Pendirian Usaha Lebih Mudah

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Guspardi Gaus menilai pemerintah pusat dan DPR membuat UU Omnibus Law dengan tujuan sangat baik untuk kepentingan masyarakat. Dalam UU Omnibus Law, kata dia, salah satu yang sangat berpihak pada masyarakat adalah pendirian usaha yang ke depan akan lebih mudah.

Pandemi Covid-19 dan Inovasi Pemprov DIJ Melalui Aplikasi Jogja Pass

Pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 secara tidak langsung memaksa pemerintah terus berinovasi dalam menerapkan e-Government sebagai produk inovasi dalam praktik layanan masyarakat. Hal tersebut juga sesuai dengan peraturan Presiden No. 96 Tahun 2014 tentang Rencana Pitalebar Indonesia, yang menjadikan e-Government sebagai sektor prioritas yang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia.

Kerja Sama Indonesia-Arab Saudi dalam Bidang Pembelajaran Bahasa Arab

Indonesia dengan Arab Saudi beberapa tahun terakhir ini sangat harmonis. Mulai kunjungan mega bersejarah Raja Salman Bin Abdul Aziz ke Indonesia pada 2017sebagai bentuk kunjungan balasan Presiden RI Bapak Joko Widodo pada 2015. Pada 2017 merupakan tahun penting dalam sejarah hubungan diplomatik Indonesia-Saudi sejak didirikan 67 tahun yang lalu.

Masa Depan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab

Dalam faktanya, lulusan-lulusan PBA lima tahun terakhir ini sudah mampu mengembangkan kiprahnya di dunia pembelajaran bahasa Arab. Banyak dari mereka menjadi pengajar di pesantren-pesantren, menjadi PNS, menjadi dosen, menjadi penulis dan peneliti, dan mengembankan lembaga pelatihan dan kursus bahasa Arab. Banyak contoh yang bisa di jadikan “Ibrah” dan “Ghirah”, Agar calon sarjana pendidikan bahasa Arab semangat menatap masa depan. Tanpa penulis sebutkan contohnya siapa, yang pasti banyak sarjana lulusan pendidikan bahasa Arab yang sukses di bidang pendidikan, bidang kepenulisan dan penelitian, serta bidang enterpreneurship.

Kesadaran Pajak Penting dalam Strategi Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi

VIRUS Covid-19 mulai merebak di Indonesia sejak awal Maret 2020 hingga sekarang. Kian hari pertambahan kasus positif Covid-19 semakin banyak. Dua aspek penting dalam kehidupan bernegara yang terdampak atas merebaknya virus tersebut yaitu aspek perekonomian dan aspek kesehatan.

Edutainment di Situs Sangiran

“Membawa” situs Sangiran dengan museum manusia purbanya ke sekolah atau pola belajar peserta didik di luar tembok-tembok sekolah mampu menjawab kondisi pendidikan di Indonesia yang kurang transformatif. Sebagai situs yang ditetapkan menjadi world heritage (warisan dunia) kita bisa belajar tentang budaya, paleoantropologi, arkeologi, evolusi manusia, geografi, biologi, geologi atau alam sekaligus berwisata.

Merdeka Belajar dan Gelora Budaya saat Hari Kemerdekaan

Kegiatan belajar budaya seperti uraian penulis di atas, idealnya dilakukan serentak, yaitu tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 di rumah masing-masing peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan bimbingan guru dan orang tua.

Mengawal Distribusi Program Pandemi

Ada dua faktor yang mempengaruhi potensi korupsi di kondisi semacam ini, yaitu koordinasi dan keterbukaan. Jika diperkuat, kerja-kerja pengawasan bisa menemukan materinya. Sebaliknya, jika lemah, maka program-program pandemi digiring pada penyalahgunaan dan penyelewengan.

Belajar dari Pandemi bersama KKN Panembahan

Hal ini jelas memberikan dampak negatif maupun positif dalam berbagai hal, salah satunya adalah pendidikan. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dunia pendidikan banyak mengalami perubahan. Perubahan tersebut, bukan hanya pada hal yang bersifat negatif, namun justru melahirkan banyak hal yang bersifat positif. Pandemi Covid-19 telah menjadikan pendidikan di Indonesia semakin banyak melahirkan inovasi dan menumbuhkan kreativitas, baik bagi  peserta didik maupun pendidik.

Dilema Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi saat Pandemi

mahasiswa juga tidak terlalu serius dalam mengikuti proses pembelajaran secara online, hal ini sangat dikuwatirkan sebab jangan sampai apa yang disampaikan dalam pembelajaran daring tidak dipahami secara utuh. Sehingga jangan sampai pembelajaran daring ini terkesan asal ikut saja tanpa memahami materi yang disampaikan oleh dosen dalam pembelajaran daring.