RADAR JOGJA – Berbicara mengenai gelandang terbaik di dunia, banyak nominasi yang bisa disebutkan. Mulai dari Premier League, Serie A Italia, Bundesliga, bahkan La Liga. Semua pemain yang mentas di liga top Eropa layak menyabet gelar itu.

Akan tetapi hanya segelintir yang mampu benar-benar menjadi sosok jenderal lapangan tengah. Mengutip dariPeluitpanjang.com, ada sederet pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan yang paling epic dari segi permainan.

Nama Casemiro menjadi salah satunya. Pemain Manchester United ini sepertinya layak dinobatkan sebagai gelandang bertahan terbaik 2023. Selain penampilannya yang konsisten, dia juga tampil apik baik di level klub maupun timnas.

Gelandang Bertahan Terbaik

Nama Casemiro memang banyak diperbincangkan beberapa waktu terakhir. Transfernya ke Manchester United dari Real Madrid terbukti sebagai keputusan yang tepat. Di bawah asuhan pelatih Erik ten Hag, Casemiro menjelma sebagai pemain tangguh di lini tengah The Reds.

Manchester United sendiri sampai-sampai kehabisan kata-kata dengan penampilan pemain timnas Brasil tersebut. Mahar tinggi yang kala itu dibayarkan United untuk Real Madrid yang senilai 50,7 juta pounds (Rp 892 miliar) dengan tambahan 8,5 juta pounds (Rp 150 miliar) seakan setimpal.

Setan Merah yang sempat terseok-seok di awal kompetisi Premier League kini mulai bangkit. Kehadiran Casemiro yang tampil konsisten sebagai salah satu penyebabnya.

Tak hanya tangguh dengan kemampuan bertahannya yang keras, Casemiro juga punya visi bermain yang luar biasa cerdas. Dia pintar membagi bola ke rekan-rekannya serta mengatur tempo permainan di sebuah pertandingan. Tak heran jika Ten Hag selalu memberikan kepercayaan starting line up untuk Casemiro.

Hadirnya Casemiro di skuat Setan Merah memberikan keamanan bagi empat pemain belakang dan kiper. Bahkan hal itu sudah dia lakukan saat berseragam Real Madrid. Bersama Toni Kroos dan Luca Modric, Casemiro tampil menggila. Trio Gelandang itu jadi motor serangan El Real pada masanya. Hanya saja, Casemiro kalah pamor dari nama besar Luca Modric saat di Real Madrid.

Setujukah kalian jika Casemiro dinobatkan sebagai gelandang bertahan terbaik dunia tahun 2023?. (*/ila)

Main Bola