RADAR JOGJA – Singapura berhasil takluk di bawah Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 dengan skor 9-0 yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo pada Rabu (3/8).

“Alhamdulillah kami bisa menang. Sesuai dengan instruksi saya mereka menjalankan semua taktik,” jelas Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, Rabu malam (3/8).

Muhammad Nabil Asyura menjadi bintang di pertandingan kali ini karena berhasil mencetak hattrick di babak pertama. Tiga gol diciptakan di menit ke-3, 7, dan 30 oleh pemain bernomor punggung 17 ini. Penjaga gawang Singapura, Efan Qiszman tak mampu menghalau tendangannya yang tajam.

“Senang banget. Terharu rasanya. Lawan Singapura cukup bagus. Semangat terus,” tutur Nabil.

Lalu Muhammad Kafiatur Rizky juga ikut menyumbang 2 gol di menit ke-35 dan 43. Selanjutnya Mokh Hanif Ramadhan dan M. Riski Afrisal menyumbang masing-masing satu gol.

Lalu melalui penalti ada Waily Marifat. Bahkan pada menit akhir ke-92 gol masih dilesakkan oleh I Komang Ananta Krisna Putra.

Meskipun pesta gol, Bima Sakti tetap merasa perlu mengevaluasi tim asuhannya terutama melawan Vietnam pada laga Sabtu (6/8) depan.

“Untuk pertandingan melawan Vietnam saya pikir kami persiapkan lebih baik. Kami akan evaluasi pertandingan hari ini,” katanya.

Ia menekankan agar pemain tak terjebak Eforia. Untuk tetap fokus pada persiapan melawan tim Vietnam.

“Walaupun kami menang besar tidak boleh cepat puas tidak boleh euforia terlalu tinggi. Masyarakat pecinta sepak bola jangan memuji terlalu besar. Tim ini masih banyak kekurangan. Harus banyak belajar lagi. Yang penting berproses dengan baik,” tegasnya.

Meraih poin maksimal bukan tanpa konsekuensi. Beberapa pemain cedera, diantaranya Muhammad Ridho Al Ikshan dan Azzaky Esa Erlangga. Ia berharap mereka cepat pulih.

“Kami juga tidak khawatir karena pemain lain lebih siap,” ujarnya. (asa/dwi)

Main Bola