RADAR JOGJA – Sudah sepekan penggawa PSIM Jogja digeber latihan. Skuad Laskar Mataram -julukan PSIM- dalam latihan juga makin lengkap. Enam dari tujuh pemain yang sempat absen sudah ikut berlatih di Lapangan Kenari, Kota Jogja.

Latihan tersebut sebagai salah satu persiapan jelang menghadapi kompetisi Liga 2 musim 2021. Pelatih fisik PSIM Asep Ardiansyah mengatakan, enam pemain yang bergabung langsung mengikuti seluruh program dari tim pelatih. “Untuk skuad hanya tinggal Purwaka Yudi yang belum hadir. Tapi semoga dalam waktu dekat tim bisa komplit” ujar Asep Kepada Radar Jogja kemarin (8/8).

Soal program latihan, pria 33 tahun itu menjelaskan, setiap minggu Yoga Pratama cs diberi materi latihan yang berbeda. Sesuai evaluasi dari tim pelatih. Misalnya pekan lalu difokuskan untuk pembentukan fisik dan pengembalian kualitas teknikal pasca libur. “Untuk besok Senin (Hari ini, Red) masih ada pembentukan kembali aspek fisik tapi intensitas akan lebih tinggi. Dan aspek teknikal fokus ke peningkatan kualitas,” katanya.

Asep berujar kondisi fisik pemain memang belum 100 persen. Hal itu bisa dimaklumi karena para pemain baru berlatih bersama selama seminggu. Namun secara keseluruhan, lanjut Asep, skuad Laskar Mataram dalam kondisi oke.
Lantas, dengan kondisi saat ini apakah para pemain perlu dilakukan tes fisik? “Sepertinya tidak ada (Tes fisik, Red),” bebernya. Lagi pula kalau di persentase secara keseluruhan kondisi fisik pemain pasca libur berada di kisaran 70-80 persen. “Jadi nggak terlalu buruk,” imbuh dia.

Seandainya kompetisi divisi kasta kedua itu dimulai awal September, Asep yakin pemain mampu mencapai kondisi fisik ideal. Yang pasti, mantan pelatih fisik PSS Sleman itu menegaskan bahwa tim pelatih akan bekerja lebih keras agar tim kebanggaan Brajamusti dan The Maident itu bisa bersaing di pentas liga.

Sementara itu, Media Officer (MO) PSIM Ditya Fajar Rizkizha menambahkan bahwa mulai sore ini tim sudah bisa berlatih di Stadion Mandala Krida. Itu setelah klub berlogo Tugu Pal Putih itu mendapat lampu hijau untuk menggunakan fasilitas olahraga milik Pemprov. “Tentunya bersyukur kami bisa kembali latihan di stadion. Harapannya dengan latihan di Mandala latihannya tim bisa lebih lancar lagi, apalagi kan Liga 2 kemungkinan dimulai awal September,” papar pria 30 tahun itu. (ard/bah)

Main Bola