RADAR JOGJA – Aaron Evans jadi salah satu pemain asing PSS yang memutuskan tak pulang kampung saat jeda libur Lebaran. Ya, bek 26 tahun itu memilih stay dan menjalani waktu liburan di Bumi Sembada.

Nah, selama di Sleman, eks pemain PSM Makassar itu menghabiskan waktu di pusat kebugaran. Aaron berujar, berlatih di gym adalah hal wajib yang dilakukan pesepak bola profesional. Selain untuk menjaga fisik dan kebugaran, juga dapat membantu performanya saat berada di lapangan.

Dalam sepekan, Aaron biasanya berlatih di gym 5-6 hari. Di setiap sesi berlangsung antara 60-90 menit. Tergantung workout yang dia pilih. “Saya fitnes tapi juga kadang saya lakukan sesi angkat beban. Biasanya saya latih tubuh bagian atas, supaya perut, punggung bawah, pundak, tangan dan lengan bisa lebih kuat,” kata Aaron, Senin (4/5).

Selain gym, Aaron juga konsisten menjaga pola makan dan istirahat. Sebab, menurutnya kekuatan dan kebugaran tidak akan muncul dalam satu hari latihan saja. Harus bekerja keras, makan dan tidur teratur dan pastikan harus recovery di segala kondisi.

Di luar itu, tak jarang Aaron melakukan traveling untuk sekadar menghilangkan rasa jenuh. “Keliling Sleman dan sekitarnya sambil mencari tempat makan yang bagus. Ke candi dan pantai terdekat,” bebernya.

Apa yang dilakukan Aaron sejalan dengan program latihan yang diberikan tim pelatih selama libur panjang. Tim pelatih memang mewanti-wanti Bagus Nirwanto cs untuk menjaga kondisi. Pelatih fisik PSS Danang Suryadi menuturkan, para pemain diberi bekal berupa program latihan berupa materi koordinasi, strength, aerobic/endurance dan teknik dasar sepak bola.

“Pemain juga harus mengkonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan sebagai atlet profesional dan menjaga pola istirahat. Kalau ketiga komponen yakni latihan, makan dan istirahat dilakukan dengan baik saya yakin kondisi mereka akan tetap terjaga,” ucap Danang. (ard/bah)

Main Bola