RADAR JOGJA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengubah jadwal pertandingan restart Liga 1 2020. Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita menyebut, keputusan itu dilakukan atas pertimbangan saran dan masukan dari klub terkait padatnya jadwal pertandingan. Juga karena ada perubahan home base beberapa klub.

Sama seperti klub lain, PSS Sleman juga mengalami perubahan jadwal lanjutan di Liga 1 2020. Sejatinya, klub berjuluk Super Elang Jawa itu dijadwalkan menjamu Persebaya Surabaya dalam partai pembuka pekan ke-4. Namun sesuai jadwal terbaru, PSS akan menghadapi Persik Kediri di Maguwoharjo International Stadium (MagIS) 1 Oktober mendatang.

Kendati demikian, tim kebangaan Slemania dan Brigata Curva Sud (BCS) itu berupaya mengambil sisi positif. Manajer PSS Danilo Fernando tak mempermasalahkan perubahan jadwal pertandingan. Namun dia berharap jadwal yang baru dirilis operator Liga tak mengalami perubahan lagi. “Harapannya jadwal yang ada bisa berjalan seperti yang sudah ditetapkan. Intinya kami saat ini siap, termasuk dengan pergantian lawan yang akan dihadapi,” ujarnya Minggu(27/9).

Lebih lanjut, Danilo berujar skuad Super Elja dalam kondisi baik dan siap tempur. Terlebih sudah hampir sebulan Bagus Nirwanto cs digeber latihan di Yogyakarta International School (YIS). Berbagai program latihan diberikan tim pelatih jelang kick off pekan ini. Seperti latihan fisik, teknik, hingga taktikal. “Tim sudah siap melakoni kompetisi dengan program yang diberikan coach Dejan (Antonic),” kata eks pemain Persik Kediri itu.

Ya, seperti diketahui hingga kini sesi latihan PSS memang belum didampingi pelatih kepala Dejan Antonic beserta asisten pelatih Mladen Dodic Doda. Juga belum dihadiri bek asing Aaron Evans. Ketiganya masih tertahan di negara masing-masing karena terkendala administrasi akibat Covid-19. “Saya masih tunggu visa. Kita lihat nanti kapan saya balik ke Jogja,” ucap Dejan.

Namun apabila Dejan tak kunjung datang, PSS sudah menyiapkan rencana lain. Yaitu memberikan amanah kepada asisten pelatih Suwandi HS untuk mendampingi tim saat bertanding.

Pelatih Fisik PSS Danang Suryadi menambahkan, kondisi fisik para pemain terus mengalami peningkatan. Sejumlah pemain yang sempat mengalami cedera juga dipastikan bisa dimainkan dalam laga pembuka nanti.

Selain itu, Danang turut mengabarkan kondisi Irfan Bachdim yang baru saja bergabung latihan pada Jumat (25/9) lalu. “Lumayan bagus karena selama pandemi Irfan menjaga kondisinya dengan baik. Apalagi sempat di Timnas 2-3 minggu yang latihannya pasti berat. Jadi masih terjaga kondisi fisiknya,” ungkap eks pelatih fisik Persebaya itu.

Sementara itu, seluruh elemen tim PSS kembali dilakukan swab test kedua di MagIS, Sabtu (26/9). Tes dilakukan sebagai kewajiban menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. “Kan memang regulasi PT LIB. Jadi agar kedepan Liga berjalan lancar maka dilakukan swab secara berkala. Per dua minggu sekali sampai Liga berakhir,” terang dokter tim PSS Elwizan Aminudin. (ard/laz)

Main Bola