RADAR JOGJA – Maguwoharjo International Stadium (MagIS) di Sleman dipastikan menjadi home-base sejumlah klub kontestan Liga 1 2020. Ya, selain PSS Sleman, stadion yang terletak di Kecamatan Depok ini akan digunakan oleh tiga klub luar Pulau Jawa yakni Borneo FC, Persiraja Banda Aceh, dan terbaru Barito Putera.

ANA R DEWI, Sleman, Radar Jogja

Dibandingkan venue lain, stadion berkapasitas lebih dari 30 ribu penonton itu bakal menjadi stadion yang cukup sibuk dalam restart Liga 1. Mengingat padatnya jadwal yang akan dilakoni kontestan tim dalam kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Meski demikian, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) MagIS Sumadi menjelaskan, ia baru menerima tiga surat permohonan penggunaan stadion. Dikatakan, sejauh ini hanya Barito Putera yang belum bersurat secara resmi. “Untuk Barito Putera belum ada. Kalau tiga klub lain sudah klir,” katanya kepada Radar Jogja (8/9).

Sumadi pun berharap manajemen Laskar Antasari -julukan Barito- dapat segera bersurat. Sebab, hal itu berkaitan dengan penyusunan jadwal penggunaan stadion. Apalagi, berdasarkan jadwal kompetisi yang dirilis PT LIB selaku operator Liga, setidaknya untuk tiga klub dalam sebulan akan memainkan sebanyak sembilan pertandingan.

“Ya, tadi saya hitung-hitung satu bulan dipakai sembilan kali. Makanya kami harus segera menyusun jadwal karena kalau ketambahan satu klub, tentu jadwalnya akan semakin padat,” ujarnya.

Karena jadwal yang padat, nantinya MagIS hanya dapat dipergunakan untuk pertandingan saja. Artinya, setiap tim tidak diizinkan menggelar latihan di stadion ini karena berkaitan dengan perawatan rumput. “Saya sudah konsultasi dengan kontraktor lapangan sepak bola, dalam kondisi padat jadwal seperti ini apa saja yang harus disiasati,” beber Sumadi.

Sementara itu General Koordinator Barito Lalu Anji Wira Pratama membenarkan, saat ini pihaknya memang belum mengajukan permohonan surat izin. Sebab, manajemen Barito masih menunggu prosedur tetap (protap) kesehatan Covid-19 yang rencananya akan disosialisasikan PT LIB pada 16 September mendatang.

“Ya, kemungkinan besar kami berhome-base di Maguwoharjo, tapi kami masih menunggu protap kesehatan karena pertandingan kan digelar di tengah pendemi. Saat ini tim sudah berada di Jogjakarta untuk menggelar training center (TC),” jelas pria yang akrab disapa Wira itu. (laz)

Main Bola