RADAR JOGJA – Tim Nasional Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 saat menjamu tim nasional Iran U-19 dalam laga uji coba di Stadion Mandala Krida, Jogja, Rabu (11/9). Sutan Zico menjadi satu-satunya pencetak gol di laga ini.

Kemenangan ini seakan membayar utang kekalahan yang dialami Garuda Nusantara -julukan Indonesia U-19 atas Iran U-19. Sebelumnya, pasukan Fakhri Husaeni itu kalah 2-4 saat menjamu Iran U-19 di Stadion Patriot Candrabagha Bekasi, 7 Agustus lalu.

Di babak kedua Indonesia U-19 dan Iran U-19 saling serang. Namun, Iran U-19 tampak lebih dominan. Mereka mampu memanfaatkan keunggulan postur yang dimiliki dengan cukup baik.

Kendati demikian, Indonesia U-19 mampu bertahan dengan cukup baik di sepanjang babak pertama. Skor 0-0 tetap bisa dipertahankan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Fakhri Husaeni melakukan beberapa pergantian pemain. Termasuk memasukkan Muhammad Supriadi. Masuknya winger asal Jawa Timur ini terbukti mampu mempertajam serangan Garuda Nusantara.

Gerakan apik yang dilakukan Supriadi di sisi kanan pertahanan Iran U-19 memudahkan Sutan Zico untuk mencetak gol. Gol menit ke-48 itu disambut gemuruh 2.476 penonton yang hadir di Stadion Mandala Krida.

Iran U-19 mencoba sekuat tenaga untuk menyamakan kedudukan di babak kedua. Ernando Sutaryadi yang menjadi kiper Indonesia U-19 di babak kedua sempat beberapa kali dipaksa melakukan penyelamatan. Untungnya hingga babak kedua usai, skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia U-19 tetap bertahan.

Pelatih Indonesia U-19 Fakhri Husaeni mensyukuri hasil ini. “Kami syukuri meski ini hanya laga uji coba. Ini bagus untuk persiapan kami menjelang kualifikasi Piala Asia,” ujarnya dalam sesi jumpa pers pasca pertandingan.

Sementara itu, sang pencetak gol Sutan Zico mengaku kagum dengan semangat juang rekan-rekannya. “Teman-teman sudah bekerja keras. Untuk gol yang saya cetak, saya sangat bersyukur,” ujar pemuda yang juga bermain untuk Persija Jakarta U-20 itu.

Di sisi lain, Pelatih Iran U-19 Sayed Akbar Mousavi menyatakan, tim asuhannya layak kalah dari Indonesia U-19. Bahkan Sayed juga menyatakan bahwa David Maulana dan kawan-kawan memiliki potensi yang bagus untuk terus bersinar. “Tapi mereka (Indonesia U-19, Red) harus memperbaiki lini belakang,” tandasnya. (cr12/laz)

Main Bola