SLEMAN – PSS Sleman bertekad lanjutkan tren positif kala menjamu Persela Lamongan dalam lanjutan Shopee Liga 1 pekan ke-14 di Stadion Maguwoharjo, sore ini. Apalagi, Super Elang Jawa- julukan PSS Sleman memiliki catatan apik di empat laga terakhir. Anak-anak Sleman belum tersentuh oleh kekalahan. Dua menang dan dua imbang.

Kendati demikian, sang juru taktik PSS Sleman Seto Nurdiyantara mewanti-wanti anak asuhnya agar tak jemawa dan terlena oleh hasil apik itu. Apalagi lawan yang akan dihadapi adalah tim yang cukup berat. Selain belum terkalahkan di lima laga, Persela juga memiliki striker pemuncak top skor sementara Liga 1. Yakni, Alex dos Santos Goncalves yang telah menorehkan 12 gol.

Meski begitu, PSS tak gentar. Sebab, Ega Rizky dkk bermain di kandang sendiri dan memiliki penyerang haus gol Yevhen Bokhashvili yang selama ini menjadi tumpuan. Pemain asal Ukraina itu telah mengemas delapan gol dan sementara nangkring di peringkat ketiga dalam daftar top skor Liga 1.

Namun, untuk merealisasikan target tersebut tak akan mudah. Apalagi PSS dipastikan kehilangan dua pilarnya, yakni sang kapten Bagus Nirwanto dan Dave Mustaine. Kedua pemain itu absen lantaran mengalami cedera dan akumulasi kartu kuning. Selain itu, Brian Ferreira dikabarkan tengah dibekap cedera ringan dan sempat absen latihan beberapa hari lalu.

Kondisi ini menjadi warning bagi PSS. Namun Seto tak mau ambil pusing. Dengan stok pemain yang ada, dia yakin dan optimistis timnya bisa memetik poin penuh. Bermain di kandang sendiri akan menambah suntikan motivasi pemain di lapangan.

Selain itu, Seto telah mempersiapkan strategi khusus untuk meredam pergerakan striker Persela. Artinya jangan sampai banyak bola mengalir ke Alex Goncalves. Seto berharap anak asuhnya bermain dengan enjoy dan tidak meremehkan lawan. “Kami tidak melihat posisi klasemen namun bagaimana cara mereka bermain,” ujar Seto.

Pelatih Persela Lamongan Nil Maizar mengatakan timnya sangat siap menghadapi PSS Sleman. Nil menuturkan secara teknik, strategi, dan mental skuadnya dalam keadaan yang bagus. “Tekad kami ingin mencuri poin di Sleman,” ujar mantan pelatih Semen Padang FC itu.

Saat ini, PSS Sleman bercokol di posisi empat klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan 20 poin. Sementara Persela Lamongan berada di posisi 15 dengan raihan 11 poin. (cr18/din/zl)

Main Bola