SUMENEP – PSIM Jogja patut mewaspadai kebangkitan Madura FC saat keduanya bertemu dalam lanjutan Liga 2 Indonesia di Stadion Ahmad Yani, Sumenep hari ini (24/7).

Ya, skuad Laskar Jokotele- julukan Madura FC- memang tengah dalam tren negatif dengan selalu tumbang dalam tiga laga beruntun. Terakhir, skuad asuhan Eduard Tjong ini dipermalukan di kandang sendiri oleh Persis Solo, 0-1.

Di satu sisi, jika meraih poin penuh dari Laskar Jokotole, akan mendongkrak posisi klasemen Laskar Mataram- julukan PSIM Jogja yang hingga pekan ke lima berada di peringkat ke-4 dengan poin 9. Sedangkan lawan yang dihadapi berada satu strip dari dasar klasemen dengan poin 4.

Pelatih PSIM Jogja Aji Santoso sudah mewanti-wanti kepada Christian Gonzales dkk untuk tidak menganggap sebelah mata Madura FC. Meski secara klasemen berada di bawah. Sebab, melawan tim yang nota bene bertabur bintang, bisa menjadi pelecut Bakori dkk untuk mengalahkan anak-anak Jogja. “Mereka  pasti ingin mengalahkan kami. Termasuk semangat mereka untuk meraih kemenangan,’’ kata Aji Selasa.

Mantan pelatih Persela Lamongan diprediksi tak banyak melakukan perubahan pada laga nanti. Gonzales yang telah membuka keran gol diprediksi tetap akan dipercaya di pos lini depan PSIM Jogja.

Sementara itu Rossi Noprihanis dan Rudiyana tetap akan dipercaya mendampingi Gonzales dalam skema tiga penyerang yang dimainkan Aji. Sementara lini tengah, PSIM Jogja masih akan banyak bergantung pada mobilitas pengatur serangan Ichsan Pratama. “Tidak banyak perubahan berarti. Karena sejauh ini skuad dalam kondisi cukup prima. Namun untuk kepastian akan saya lihat besok,” katanya.

Meski daya dobrak Madura FC tak setajam saat dilatih Salahudin, Aji yakin lawan yang akan dihadapi kali ini akan banyak menyulitkan. “Madura tetap tim tangguh dan punya semangat juang tinggi,” katanya.

Di kubu Madura FC sendiri dipastikan bakal bermain pincang. Sebab, tiga pemain kunci Bakori, Hermansyah, dan Firmasyah tidak dapat diturunkan akibat akumalasi kartu. “Ini menjadi sulit bagi kami. Belum lagi, mental bertanding Madura masih menjadi soal dan kerap hilang konsentrasi,” kata Pelatih Madura FC Eduard Tjong.

Tapi di skuad Madura FC musim ini ada sayap andalan PSIM musim lalu, Supriyadi dan gelandang Fachri Muslim.

Selain itu, Eduard pun memuji skuad PSIM saat ini. Menurutnya, lawan yang akan dihadapi memiliki materi pemain dengan kualitas cukup baik. “Ini menjadi laga berat bagi kami. Namun, kami akan tetap memberikan perlawanan maksimal,” tegasnya. (bhn/din/fj)

Main Bola