JOGJA – Skuad mewah yang dimiliki PSIM Jogja belum membuat pelatihnya Vladimir Vujovic pede. Buktinya dia merasa bersyukur Laskar Mataram berada di wilayah timur pada kompetisi Liga 2 musim 2019. Itu membuat PSIM Jogja terhindar dari tim-tim kuat yang bercokol di wilayah barat.

Ya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator belum lama ini merilis jadwal kompetisi Liga 2 beserta pembagian wilayah. Kompetisi kasta kedua di Indonesia, yang akan berlangsung 15 Juni hingga 7 Desember tersebut, diikuti 23 peserta yang terbagi dalam grup barat dan timur.

Pelatih yang akrab disapa Vlado itu sepertinya lebih memilih PSIM tandang hingga Papua, menghadapi Persewar Waropen dan PSBS Biak, ketimbang berlaga di Jawa. Tapi akan bersaing dengan tim-tim unggulan seperti Sriwijaya FC, PSMS Medan, Persita Tanggerang, Persis Solo, PSCS Cilacap dan Persiraja Banda Aceh.

Meski di wilayah timur, bukan berarti tim yang berdiri 1929 itu mendapatkan lawan yang ringan. Tim-tim seperti Mitra Kukar, Martapura FC, Persiba Balikpapan, Madura FC dan Persik Kediri akan menjadi sandungan bagi PSIM untuk memuluskan satu dari empat jatah lolos ke babak play off Liga 2.

Vlado mengatakan, menilik persiapan tim grup barat memang lebih berat. Selain dihuni beberapa tim degradasi Liga 1 musim lalu, sejumlah klub yang terdapat di grup barat telah mempersiapkan tim sebaik mungkin.

Dia mencontohkan, tim yang gagal promosi musim lalu Persita Tanggerang. Tim tersebut sudah mempersiapkan diri dengan baik dengan mengikuti ajang Piala Presiden. Sedangkan Sriwijaya FC dan PSMS Medan memiliki pengalaman mengikuti kompetisi Liga 1 yang cukup ketat. ”Lebih baik memang berada di wilayah timur. Di barat ada dua tim asal Aceh, yang saya pikir kami akan kesulitan menang bermain di sana,” tutur Vlado, Minggu (12/5).

Meski berada di grup yang relatif lebih ringan dibandingkan dengan wilayah barat, dikatakan ada beberapa tim wilayah timur yang harus diantisipasi. ”Wilayah timur ada Persiba, Mitra Kukar dan Martapura,” sebutnya.

Sejauh ini skuad Laskar Mataram masih terus melakukan pemusatan latihan di Hambalang, Bogor Jawa Barat. Vlado sendiri sejauh ini masih menunggu kepastian skuad asuhannya untuk menggelar latihan di Jogja sebelum kompetisi Liga 2 dimulai. (bhn/pra/zl)

Main Bola