JOGJA – PSIM Jogja hingga saat ini masih mengungsi untuk menjalani pemusatan latihan di Kompleks Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Sebab, upaya manajemen memindahkan pemusatan latihan di Jogja terkendala dengan lokasi lapangan. Mereka menginginkan adanya lapangan dengan fasilias yang representatif.

Di Jogja sebenarnya terdapat fasiltas tempat berlatih yang cukup representatif. Di antaranya Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) serta lapangan milik Yogyakarta Independent School (YIS). Kedua lapangan tersebut kerap dijadikan tempat menggelar training camp bagi klub-klub yang ada di luar Jogjakarta.

Namun, keinginan manajemen PSIM Jogja tempat berlatih yang digunakan bagi Ichsan Pratama dkk bisa digunakan selama semusim. Sehingga, pelatih tidak dipusingkan mencari tempat latihan.  “Latihan kami kan intens. Pagi dan sore hari. Kami ingin lapangan tersebut tersedia hanya untuk latihan PSIM,” kata CEO PSIM Jogja Bambang Susanto.

Sejauh ini, manajemen masih terus mencari lapangan berlatih yang ada di Jogja dan Bantul. Nantinya, lapangan tersebut akan direkomendasikan ke pelatih kepala Vladmir Vujovic. Manajemen telah mengecek lapangan milik AAU dan Lapangan Dwi Windu Bantul yang direkomendasikan menjadi tempat berlatih skuad Laskar Mataram.”Vlado (julukan Vujovic.red) punya standar tempat berlatih yang tinggi. Sebab dia tidak ingin pemain cedera karena infrastruktur lapangan berlatih tidak memadai,” jelasnya.

Sedangkan untuk menggunakan Stadion Mandala Krida sebagai tempat berlatih memang sangat memungkinkan. Namun, hal itu belum dimungkinan. Kalau untuk latihan rutin sayang rumputnya. “Mungkin kami latihan di sana seminggu sekali ya,” jelasnya.

Sejauh ini, skuad PSIM Jogja memanfaatkan Hambalang sebagai tempat untuk berlatih. Sebab, manajemen telah menyewa tempat tersebut selama setahun. “Kompleks itu sudah kami sewa selama setahun. Tapi kami inginnya segera membawa tim ini kembali Jogja,” jelas Bambang.

Tidak hanya kesulitan mencari tempat latihan, PSIM Jogja pun masih berusaha mencari waktu untuk menggelar uji coba. Besar kemungkinan, uji coba dilakukan di Stadion Sultan Agung.

Manajemen sejatinya ingin menggelar ujicoba di Stadion Mandala Krida. Tetapi kontraktor selaku pengelola rumput masih belum merekomendasikan. Termasuk berusaha mendapatkan izin uji coba sebelum Ramadan. “Sedangkan untuk calon lawan kami sudah ada pandangan,”  kata Sekum PSIM Jofja Jarot Sri Kastawa. (bhn/din/by)

Main Bola