RADAR JOGJA – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kota Magelang kembali digelar, setelah vakum akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan wujud apresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang terhadap kegiatan keagamaan, khususnya bagi generasi muda.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Magelang Hadi Sutopo menyebutkan, FASI 2022 ini diikuti oleh puluhan santri dari Taman Kanak-kanak Alquran (TKQ), Taman Pendidikan Alquran (TPQ), dan Talimul Quran lil Aulad (TQA) se-Kota Magelang.

Adapun jenis lomba yang dikompetisikan sebanyak 26 lomba. Diantaranya nasyid (TKQ dan TPQ), mewarnai dan pengucapan Pancasila (TKQ), menggambar (TPQ), kaligrafi (TQA), rebana, cerdas cermat Alquran, dan lainnya. Lomba ini dilaksanakan di Tenis Indoor dan area Aquatic Stadium Kompleks Gelora Sanden, Kota Magelang, Selasa (5/7) hingga Rabu (6/7).

Menurut Hadi, kegiatan ini merupakan wujud apresiasi Pemkot Magelang terhadap kegiatan keagamaan khususnya bagi generasi muda. “Pemkot Magelang memberikan wadah untuk lomba bagi anak-anak, khususnya di bidang keagamaan,” katanya di sela pembukaan, Selasa (5/7).

Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur menuturkan, FASI ini penting sebagai ajang memperkenalkan anak-anak kepada agama Islam. Kemudian, sebagai wadah silaturahmi bagi sesama santri maupun pendamping, serta sarana pengembangan skill anak-anak.

Harapannya, ke depan anak-anak menjadi generasi berprestasi yang Islamiah, berilmu pengetahuan, dan memiliki akhlakul karimah. Melalui FASI, kegiatan seperti TKQ, TPQ, TQA, dan sejenisnya akan semakin makmur dan subur di Kota Magelang.

Mansyur juga mengingatkan tantangan generasi sekarang sangat besar, terutama revolusi komunikasi, telekomunikasi, hingga budaya. “Revolusi itu sudah masuk sampai ke kamar anak-anak kita. Informasi semakin canggih. Kalau tidak ada filter agama bisa bahaya,” tandasnya.

Mansyur turut bangga lantaran ada peserta FASI yang sudah membawa nama Kota Magelang ke ajang FASI tingkat nasiona ke-XI di Palembang, Sumatera Selatan, 24-27 Maret 2022 lalu. “Kami ikut bangga karena anak-anak kita membawa nama Kota Magelang di tingkat nasional. Ada yang juara 1 dan 3 kategori lomba nasyid,” sambungnya. (aya/bah)

Magelang