RADAR JOGJA – Sebanyak 10 seniman mengikuti ajang lomba dan festival lukis bertajuk art of culture di kawasan Candi Borobudur. Kegiatan ini merupakan cerminan senergitas antara para seniman dan Polri dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76.

Beberapa seniman tampak melukis Kapolri kelima, Hoegeng Iman Santoso hingga polwan. Juga ada yang melukis Candi Borobudur. Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian mengatakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada seniman maupun budayawan di kawasan Candi Borobudur. “Sekaligus mengajak mereka untuk ikut berkontribusi pada perayaan HUT Bhayangkara ke-76,” katanya di sela-sela kegiatan, Minggu (26/6).

Mengingat Candi Borobudur merupakan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), kata dia, maka kegiatan ini juga dipusatkan di kawasan Candi Borobudur. Tidak hanya itu, banyak pelaku seni, budaya, maupun aktivitas masyarakat di kawasan tersebut.

Menurutnya, selama ini, banyak seniman maupun pelaku wisata yang sangat ingin menyalurkan aspirasi dan kreativitasnya melalui sebuah kegiatan. “Maka di event kali ini, kami mengajak mereka untuk bisa menyalurkan kegiatan, hobi, serta aktivitas yang selama ini tertunda,” paparnya.

Sementara itu, seorang seniman Borobudur Umar Chusaini mengapresiasi kegiatan ini. Yang mana seniman dan Polri saling bersinergi dalam satu kegiatan. “Semoga seniman di seluruh Indonesia bisa terlibat dalam hal seperti ini” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi sebuah hiburan bahwa Borobudur tidak hanya indah, tapi juga berwarna-warni dengan segala seni budayanya. (aya/pra)

Magelang