RADAR JOGJA – Meski sudah diimbau jangan menerbangkan balon udara, tapi masih dilanggar. Sebuah balon udara jatuh menimpa kabel listrik di Simpang Tiga SMP Dukun, Kabupaten Magelang pada Senin (9/5) malam. Akibatnya, listrik yang mengaliri kawasan tersebut sempat padam.

Wulan, seorang warga Dukun mengatakan, listrik di kediamannya sempat hidup-mati sebanyak tiga kali. “Semalam listrik sempat mati-hidup, mati-hidup, dan mati-hidup. Yang ketiga ini matinya kurang dari setengah jam, setelah itu menyala lagi,” katanya saat dikonfirmasi pada Selasa (10/5).

Setelah itu, dia mengaku, baru mengetahui jika aliran listrik sempat padam lantaran ada balon udara menimpa kabel listrik. Setelah balon udara berhasil diturunkan, barulah listrik kembali menyala.

Sementara itu, Kapolres Magelang AKBP Muchammad Sajarod Zakun membenarkan adanya kejadian balon udara jatuh menimpa kabel listrik di wilayah Kecamatan Dukun.Balon udara dengan diameter satu meter dan panjang tiga meter kemudian diamankan oleh petugas Polsek Dukun. Dia menuturkan, tidak mengetahui asal balon udara tersebut.

“Alhamdulillah tidak menimbulkan kejadian yang signifikan dan hanya sempat terjadi pemadaman listrik sementara serta menyala kembali,” kata AKBP Sajarod.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi menerbangkan balon udara sekalipun bagian dari tradisi masyarakat untuk memperingati hari Lebaran. Pasalnya, dengan menerbangkan balon udara, akan membahayakan jalur penerbangan dan gangguan kamtibmas.

“Imbauannya kepada masyarakat agar tidak lagi menerbangkan balon udara karena hal ini sangat membahayakan bagi jalur penerbangan dan gangguan kamtibmas,” tegasnya. (aya/pra)

Magelang