RADAR JOGJA – Pemerintah mulai mengizinkan anak di bawah usia 12 tahun ikut berwisata. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah mengambil inisiatif berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengambil diskresi.

Sandiaga memberikan kelonggaran jika orang tuanya telah divaksin lengkap dan aplikasi PeduliLindungi berwarna hijau, anak tersebut diberikan diskresi. “Kami mengimbau kepada pengelola wisata yang berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 agar diperbolehkan untuk berwisata,” papar Sandiaga di sela peresmian Desa Wisata Karanganyar kemarin (12/10).

Dia mengaku mendapatkan laporan dari balkondes. Sebanyak 60 persen kunjungan didominasi oleh anak di bawah usia 12 tahun. Akhirnya, mereka pulang. “Kasihan sudah jauh-jauh ke sini,” ucapnya.

Sandiaga memberikan diskresi sebagai bentuk imbauan untuk mendorong peningkatan vaksinasi. Selama orang tua telah divaksin lengkap, mereka bisa mengawasi anak-anaknya. Dengan demikian, para orang tua tidak akan lagi merasa kesulitan mengajak anak berwisata.

Sementara itu, Adi Waryanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang menjelaskan, diskresi tersebut merupakan imbauan yang nantinya akan ditindaklanjuti sesuai dengan instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pemerintah daerah pun akan mengikuti pedoman sesuai yang menjadi diskresi.
Adi mengatakan belum ada imbauan khusus terhadap wisata di Kabupaten Magelang untuk anak di bawah usia 12 tahun. “Tapi sudah ada wacana dari Menparekraf. Sudah tentu secara proaktif akan berkoordinasi lebih lanjut,” tururnya. (cr1/bah)

Magelang