RADAR JOGJA – Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Kesehatan semakin gencar dalam mengupayakan percepatan vaksinasi Covid-19. Salah satunya dengan membuka sentra vaksinasi masal bagi masyarakat di Pendopo Lapangan drh Soepardi, Mungkid pada kemarin (11/10).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sunaryo menjelaskan, vaksinasi masal dosis pertama tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung kemarin (11/10) hingga besok (13/10). Hari pertama dan kedua tersedia 750 dosis, sedangkan hari ketiga dari PKK dengan 1.000 dosis.

Sunaryo mengatakan, masyarakat semakin antusias untuk memperoleh vaksin. Hal tersebut terlihat dari jumlah masyarakat yang bersedia mengantre vaksinasi dosis pertama di Pendopo Lapangan drh Soepardi sejak pagi.

Sunaryo menyebutkan, capaian vaksinasi secara akumulatif di wilayah Kabupaten Magelang per 9 Oktober 2021 lalu mencapai angka 32,9 persen. Dia lebih memprioritaskan vaksinasi dosis pertama. Hal tersebut sesuai dengan arahan pimpinan. “Genjot dulu dosis satunya, kalau kurang nanti kami akan dibantu dan dikomunikasikan oleh bapak bupati kepada provinsi,” kata, Sunaryo.

Lebih lanjut, Sunaryo menjelaskan, Bupati Magelang meminta agar data riil vaksinasi di Kabupaten Magelang harus sesuai dengan aplikasi (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik) SMILE. Sehingga apabila terjadi kekurangan vaksin akan segera terpantau dan langsung segera dilakukan pengiriman kembali.

Dalam melakukan percepatan vaksinasi, Bupati Magelang juga telah memerintahkan kepada seluruh OPD agar dapat berpartisipasi dalam membantu dan mendorong. ”Tujuannya agar target vaksinasi dosis pertama segera mencapai 50 persen,” terangnya.

Dikatakan, apabila ada droping dari provinsi atau pusat sebanyak 20.000, ditargetkan bisa langsung dihabisakan dalam waktu sehari atau dua hari. ”Sehingga akan segera dikirim kembali,” jelas Sunaryo. (cr1/bah)

Magelang