RADAR JOGJA- Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur membuka kembali destinasinya yang sempat ditutup selama libur Idul Fitri 1442 H. Pembukaan ini berdasarkan Surat Edaran Bupati Magelang, Jawa Tengah Nomor: 443.5/1729/01.01/2021 terkait PPKM Mikro yang mewajibkan seluruh destinasi

Wisata di Kabupaten Magelang tutup dari tanggal 8-17 Mei 202 dan dibuka kembali mulai pada hari Selasa, (18/5).

Pembukaan ini diawali dengan berbagai persiapan guna menyambut kedatangan wisatawan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat serta pelayanan prima sesuai pedoman CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) dengan petugas yang sudah tervaksinasi secara lengkap.

“Melalui komunikasi dengan pihak Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, akhirnya TWC diijinkan dibuka untuk melayani wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi Candi Borobudur tersebut.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang berpesan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menerapkan pembatasan pengunjung sesuai dengan kuota yang telah diijinkan serta membatasi jam operasional/jam kunjungan maksimal sampai dengan pukul 15.00 WIB,” kata Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Utari .

Emilia mengatakan bahwa penutupan ini tentunya menjadi beban bagi perusahaan. Menurutnya, upaya bersama dalam mengentaskan penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat merupakan hal yang wajib di dukung secara bersama-sama, baik pemerintah pusat, daerah, BUMN serta seluruh lapisan

masyarakat. “Kami memang prihatin dengan kondisi saat ini akibat penutupan destinasi TWC Borobudur. Banyak pelaku wisata terdampak. Ekosistem pariwisata di Borobudur pun terhenti.

Semua ini sebagai usaha pemerintah untuk dapat menekan angka penyebaran Covid -19 selama Libur Lebaran. Kami berharap upaya ini semoga bisa berhasil, sehingga perekonomian masyarakat dapat tumbuh kembali dan destinasi wisata dapat beroperasi secara normal serta ekosistem wisata bisa berjalan,” terangnya. (sky)

Magelang