RADAR JOGJA – Kontestasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang 2020 akan memasuki tahap debat publik. Berbeda dengan masa pilkada sebelumnya, karena penyelenggaraan debat publik digelar secara tertutup.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang Basmar Perianto Amron mengatakan, debat publik paslon sesi pertama akan digelar pada Kamis (22/10) mendatang. Pelaksanaannya secara tertutup di Atrium Hotel. Debat Publik hanya menghadirkan dua paslon, empat orang tim kampanye, dua orang dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan anggota KPU. ”Termasuk pengambil gambar,” jelas Basmar Senin (19/10).

Dijelaskan, kegiatan ini tetap mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) dengan membatasi peserta maksimal 50 orang. ”Kami tayangkan live streaming di Medsos KPU dan televisi,” jelasnya.

Debat publik ini merupakan bagian kampanye yang di fasilitasi KPU setelah sebelumnya dilakukan pembagian alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK). Debat publik menghadirkan tema khusus, yakni, Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dalam tatanan Norma Baru. Dalam menggalian tema juga melibatkan kalangan akademisi sebagai tim perumus materi. Debat dilaksanakan dimulai pukul 19.30 dengan durasi dua jam.

Teknisnya, paslon akan diberikan pertanyaan menyangkut tema tersebut. Kemudian paslon diizinkan saling respon, memberikan tanggapan maupun menyanggah. Isu-isu kesejahteraan, peningkatan strategi dan kebijakan penanganan Covid-19 akan menjadi tema hangat di tengah pandemi ini. Paslon juga berhak menyampaikan visi misi dan program kerja masing-masing.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih,Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Magelang Bambang Sarwodiono menambahkan, debat publik akan digelar tiga sesi. Dua sesi selanjutnya akan dilaksanakan pada 13 November dan 29 November mendatang. Kendati begitu untuk tema selanjutnya masih dalam penggodokan. ”Sosialisasi akan terus kami lakukan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui dalam Pilkada Serentak Lanjutan Kota Magelang 2020 ini menghadirkan dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang. Mereka Paslon Nomor  urut Satu Muchamad Nur Aziz-Kyai Mansyur (Aman) dan Paslon nomor urut dua Aji Setyawan-Windarti (As Winner).  (mel/bah)

Magelang