RADAR JOGJA – Seorang pengunjung menyayangkan Bloom Skate Park (Taman Skateboard) yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Magelang, karena belum optimal. Sebab, taman aktif itu belum tersedia tempat cuci tangan sesuai standar protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Jadi sangat disayangkan saja. Padahal banyak yang memanfaatkan taman ini. Selain bersantai juga untuk bermain skateboard,” ungkap Arnis Styanigrum, 29, warga Magelang Utara, Rabu (7/10).

Dia juga mengeluhkan beberapa tanaman yang mulai rusak sebagian mulai berkurang. Meski selama pandemi banyak yang memanfaatkan untuk sekadar refereshing.

Tak hanya taman ini, dia juga menjumpai taman lain yang juga tidak dilengkapi fasilitas cuci tangan. “Ada juga di Taman Magersari, Magelang utara,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Aina Rahmawati, 33, yang menyoroti keberadaan taman lansia di Jalan Ahmad Yani Kota Magelang. Di fasilitas publik ini juga belum dilengkapi fasilitas cuci tangan. Padahal, setiap sore lokasi ini sering menjadi jujukan lansia untuk berjalan-jalan.

Kepala Seksi Pengelolaan PJU dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang Teguh Ariyanto menyebut, selama pandemi pihaknya berupaya melakukan perawatan maksimal. Hanya saja terdapat kendala, personel dan anggaran yang terbatas sehingga tidak semua mendapat fasilitas itu.

Dia tak menyebut pasti jumlah anggaran, kendati begitu pemeliharaan dilakukan secara rutin.  “Ya, kalau pun ada tanaman yang hilang itu sudah biasa terjadi. Kami juga tetap mengganti tanaman yang hilang,” katanya. (mel/laz)

Magelang