RADAR JOGJA – Klaster yang berasal dari penularan satu keluarga kian bertambah. Kini muncul klaster baru yang merupakan warga Kramat Utara, Magelang Utara. Saat ini setidaknya sudah ada lima orang yang terjangkit dalam klaster ini. Di antaranya suami, istri, dua anak, dan satu teman anak.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Majid Rohmawanto menjelaskan, pasien terakhir yang terkonfirmasi positif merupakan teman dari anak pasien. “Pernah menjenguk ketika si anak sakit. Sekarang dia tertular,” jelasnya.

Namun, pasien terakhir menjenguk saat si anak menderita penyakit lain. Saat itu ia tidak tahu bahwa si anak menderita Covid-19. “Kontak erat keluarga ini sudah dites banyak. Sekitar 30 lebih,” jelasnya.

Dengan demikian, sudah ada 4 klaster keluarga yang timbul di Kota Magelang. Sebelumnya timbul klaster warga Magelang Utara yang diketahui terkonfirmasi positif setelah bersepeda ke Bantul. Ia telah menularkan ke anak istrinya. “Pulang badan tidak enak. Lalu dirawat di RSJ dr Soerojo,” jelasnya.

Selain itu, ada pula Klaster Menowo yang sejauh ini sudah ada 15 yang terjangkit. Awalnya, sekeluarga melakukan perjalanan ke Demak. Sekeluarga beserta tetangga banyak terjangkit.

Lalu ada pula Klaster Kemirirejo ada empat yang sudah terkonfirmasi positif. Tiga di antaranya telah meninggal dunia. Sedangkan satu pasien sempat dirawat dan kini dinyatakan sembuh. Sampai saat ini belum diketahui sumber penularan klaster ini. (asa/bah)

Magelang