RADAR JOGJA – Selama ini korps Zeni identik laki-laki karena berhubungan dengan konstruksi dan tugas-tugas yang memerlukan fisik kuat. Namun untuk kali pertama, perempuan bernama Desi Gebrina Rezeki tergabung dalam satuan ini. Ia merupakan satu dari 254 Taruna Tingkat IV Akademi Militer (Akmil) yang dilantik menjadi Perwira Remaja (Paja) oleh Presiden Joko Widodo secara virtual Selasa (14/7).

Desi berasal dari Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Puteri keempat pasangan M Yahya (80) dan Adian (57) ini perempuan pertama sejak tahun 2017 yang mengambil Korps Zeni. Saat pelantikan kemarin, bapaknya yang berprofesi sebagai tukang cukur tidak bisa hadir karena sakit. Yang datang langsung ke Magelang hanya ibunya, Adian dan salah seorang kakaknya, Amalya (27).

“Perasaan pastinya bangga bisa menyelesaikan selama empat tahun pendidikan dengan background orang tua yang sederhana,” kata Desi yang kini menyandang pangkat Letnan Dua Korps Zeni itu. Peraih IPK 3,49 ini menuturkan, pelantikan ini membanggakan kedua orang tua dan keluarga besarnya di Aceh Besar.

Desi akan membuktikan jika ia bisa berkarya di satuannya. “Jadi saya wanita pertama kecabangan Zeni dari Akademi Militer. Sebelumnya dari angkatan pertama yaitu 2017 belum ada kecabangan Zeni,” jelasnya.
Adian mengaku bangga anaknya bisa menyelesaikan pendidikan di Akmil Magelang. “Saya bangga. Perjuangannya cukup berat. Desi dari kelas dua SMA memang sudah jiwanya ke situ. Udah bilang nggak mau kuliah, mau ikut tes (Akmil). Berlatih sama omnya,” ungkapnya.

Amalya menambahkan, sejak SD Desi sudah menjadi atlet bola voli. Untuk itu fisiknya kuat dan berniat masuk militer. “Dari kelas dua SMA sudah ngomong nggak mau kuliah, karena lihat kakaknya yang kuliah susah mungkin. Mau jadi anggota militer aja,” ujarnya. (asa/laz)

Magelang