RADAR JOGJA – Ayah tiri bejat. Suyono, 38, mencabuli anak tirinya. Pencabulan dilakukan saat mereka tinggal di rumah yang sama.
Suyono pun ditangkap polisi. Kini dia mendekam di tahanan Mapolres Magelang.

Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Hadi Handoko menjelaskan, perbuatan bejat tersangka baru diketahui setelah anak tiri tersebut mengadu kepada ayah kandungnya. Saat ini korban sedang dalam masa pemulihan trauma.

“Korban tidak nyaman lagi tinggal bersama bapak tirinya. Ayah kandungnya menanyai korban. Ternyata selama tinggal bersama ayah tirinya dicabuli,” jelasnya dalam jumpa pers di Mapolres Magelang kemarin (8/7).

Pencabulan terjadi sejak beberapa tahun lalu. Pada pertengahan Mei 2019, korban sempat dibujuk Suyono dengan iming-iming diberi uang Rp 100 ribu.
Namun, korban menolak dan berusaha menghindar. Korban berpindah tempat tidur.

Suyono nekat masuk ke kamar korban. Lantas, dia melakukan tindakan pencabulan.

Mengetahui hal tersebut, ayah kandung korban melapor ke polisi. Satreskrim Polres Magelang segera menangkap pelaku pada Rabu (3/6). Pelaku ditangkap di rumahnya.

Setelah diinterogasi, Suyono mengaku telah melakukan tindakan pencabulan sebanyak tiga kali. Perbuatan tersebut dilakukan dalam rentang waktu yang lama.

Suyono terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun. “Sejak kelas lima SD. Sekarang masuk kelas tiga SMP,” jelas Suyono.

Saat ini korban sedang dalam masa pemulihan trauma. “Korban tetap kami berikan pendampingan. Hak anak sebagai korban dilindungi. Sekarang ikut ayah kandungnya,” jelas Hadi. (asa/amd)

Magelang