RADAR JOGJA – Untuk mendukung Candi Borobudur sebagai destinasi super prioritas dan wisata unggulan, tak hanya dengan jalan tol. Kementrian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengembangkan Terminal Tidar di Kota Magelang.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi menjelaskan, itu merupakan bagian dari program pengembangan 15 terminal tipe A yang berada di seluruh Indonesia. “Terminal ini memiliki potensi yang sangat besar,” jelasnya saat ditemui kemarin (3/7).

Terkait rencana itu, dia mewacanakan akan menggunakan dua skema. “Kalau saya bisa mengundang swasta, kami akan menggunakan KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). Nanti investasi tergantung potensinya dimana,” jelasnya.

Menurut dia, mall dan hotel menjadi salah satu potensi besar yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Nantinya, Kota Magelang menjadi salah satu penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.”Kemungkinan infrastruktur di perkotaan yang dikembangkan. Misalnya halte, trotoar. Nanti dibantu dari pusat,” jelasnya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito menyambut baik pengembangan ini. Dia pun menegaskan pengembangan ini demi meningkatkan perekonomian masyarakat. UMKM menjadi prioritas agar menempati kios-kios yang dikembangkan di Terminal Tidar. “Yang saya raih adalah multiply effect. Kalau hotel diinapi saja cari makan ke rakyat. Cari oleh-oleh ke rakyat,” jelasnya. (asa/pra)

Magelang