RADAR JOGJA – Seluruh kru maupun penumpang angkutan umum di Terminal Tidar Magelang wajib menjaga jarak saat pandemi virus korona (Covid-19) masih berlangsung. Jaga jarak harus diterapkan baik di ruang tunggu maupun di dalam angkutan umum.

“Kapasitas maksimal lima puluh persen. Ada petugas untuk mengatur setiap keluar di terminal agar jaga jarak tetap dipatuhi,” jelas Kepala Terminal Tidar Lilik Hartanto saat dihubungi Senin (8/5).

Menurutnya, sejauh ini aturan tersebut tidak begitu sulit dilakukan. Sebab, arus penumpang masih cenderung landai. Saat ini di ruang tunggu diupayakan jarak antar penumpang minimal satu meter

Namun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kenaikan jumlah penumpang. Aturan jaga jarak tetap diberlakukan.

Selain itu, protokol kesehatan yang lain juga terus disosialisasikan. Salah satunya penggunaan masker. “Kawasan ini wajib penggunaan masker,” ungkapnya.

Lilik menegaskan, pihaknya sejauh ini memberikan sanksi berupa teguran kepada mereka yang tidak patuh. “Kami tegur kalau ada penumpang atau kru yang tidak menggunakan masker. Kami sediakan,” paparnya.

Selain itu, pengelola terminal menyediakan wastafel dan hand sanitizer untuk cuci tangan. “Kita tidak boleh lengah dalam melakukan protokol kesehatan,” jelasnya. (asa/amd)

Magelang