RADAR JOGJA – Pasien yang dinyatakan sembuh dari virus korona (Covid-19) di Kabupaten Magelang kembali bertambah. Ada penambahan tiga belas orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi menjelaskan, tambahan tiga belas orang tersbeut merupakan rekor penambahan jumlah kesembuhan terbanyak. Dia berharap tren positif ini bisa terus berlanjut.

Dengan tambahan 13 orang ini, total pasien terkonfirmasi positif yang sembuh di wilayah ini menjadi 54 orang. Sedangkan pasien positif yang masih dirawat maupun menjalankan isolasi mandiri terdapat 47 orang.

“Dari tiga belas kesembuhan, sebelas di antaranya berasal dari Kecamatan Secang. Dua yang lain dari Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Bandongan,” papar Nanda saat dihubungi Rabu (3/6).

Dari tiga belas orang tersebut, tujuh orang di antaranya berjenis kelamin perempuan. Ada tiga orang yang memiliki riwayat sebagai bagian dari klaster ijtima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan. Sedangkan pasien sembuh lainnya miliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif yang sudah dinyatakan sembuh sebelumnya.

Menurut Nanda, masih ada tambahan satu pasien terkonfirmasi positif. Pasien itu berasal dari Kecamatan Salaman. “Dengan adanya tambahan tiga belas pasien terkonfirmasi sembuh dan satu pasien baru tersebut, kini jumlahnya tinggal 47 orang,” jelasnya.

Dari 47 pasien itu, empat puluh orang dirawat di beberapa rumah sakit di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Tujuh orang menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat dari gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan, dan satgas desa.

Sementara itu, untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) tidak ada penambahan. Ada 32 orang yang masih dirawat. Selain itu, 139 orang sudah dinyatakan sembuh.

“Untuk orang dalam pemantauan (ODP), jumlahnya juga tetap sebanyak 23 orang. Sedang yang meninggal, juga tetap sebanyak 29 orang. Rinciannya, 26 dari PDP dan tiga orang dari pasien terkonfirmasi positif,” jelasnya. (asa/amd)

Magelang