Dari Empat Ratus Orang, Hanya Satu Reaktif

RADAR JOGJA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kabupaten Magelang telah melaksanakan rapid test masal. Tes diselenggarakan di sejumlah tempat yang menjadi lokasi berkerumunnya warga.

Dari total 400 orang yang menjadi sasaran tes, sebanyak 399 orang dinyatakan nonreaktif. Hanya satu orang yang hasilnya reaktif.

Koordinator Bidang Operasi GTTP Covid-19 Kabupaten Magelang Retno Indriastuti menjelaskan, tempat yang disasar adalah beberapa swalayan, pasar tradisional, dan terminal. Dari beberapa rapid test yang dilakukan tersebut ditemukan satu orang yang dinyatakan reaktif.

Rapid test ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan Covid-19 di Kabupaten Magelang. Di sisi lain, tentu untuk menekan perkembangannya dengan membuat kebijakan serta langkah antisipasi jika diketahui ada temuan klaster baru,” jelasnya saat dihubungi Minggu (31/5).

Rapid test mulai dilaksanakan 22 Mei lalu. Salah satu tempat yang menjadi sasaran yakni Pasar Muntilan. Di tempat itu ditemukan ada seorang yang reaktif dari seratus orang yang mengikuti tes.

Seorang yang reaktif tersebut bakal kembali dites pada sepuluh hari mendatang. Tes dilaksanakan di puskesmas terdekat tempat tinggal yang bersangkutan.

”Selama menunggu itu, yang bersangkutan diminta melakukan isolasi mandiri dan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Rapid test juga dilakukan pada 23 Mei di Pasar Salaman dan Terminal Salaman. Tes diikuti seratus orang. Semuanya nonreaktif.

Pada 28 Mei, rapid test diadakan di Swalayan Family Mertoyudan terhadap 64 sasaran dan Swalayan Laris dengan 65 sasaran. ”Hasilnya semuanya nonreaktif,” ujar Retno. (asa/amd)

Magelang