RADAR JOGJA – Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus korona (Covid-19) yang dinyatakan sembuh terus bertambah. Tercatat ada 97 PDP yang sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi menjelaskan, beberapa PDP yang sudah sembuh tersebut sudah diperbolehkan pulang. Sebab, kondisi semakin membaik.

Ada dua PDP yang sembuh dan dua yang berstatus terkonfirmasi positif membaik. “Khusus yang terkonfirmasi positif membaik ini, diperbolehkan pulang. Namun, harus melanjutkan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan,” jelasnya.

Kedua orang tersebut terpapar Covid-19 setelah mengikuti Itjima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. “Keduanya kemudian dirawat di RSJ Prof Soerojo. Mereka berasal dari Kecamatan Candimulyo dan Kecamatan Tegalrejo,” tambahnya.

Selain itu, ada pula warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman. Warga tersebut diketahui terkonfirmasi positif sepulang dari luar negeri pada 30 Maret lalu.

Dia bekerja sebagai anak buah kapal di Kapal Norwegian Encore. Dia dinyatakan positif korona dari hasil swab pertama yang dilakukan 1 April lalu.

ABK tersebut melakukan isolasi mandiri secara ketat di bawah pengawasan petugas kesehatan Puskesmas Salaman 1 dan Satgas Covid-19 Kecamatan Salaman dan Satgas Covid-19 Desa Kebonrejo.

Saat dilakukan swab kedua pada 17 April, ABK tersebut dinyatakan negatif. Namun, sesuai protokol kesehatan, bisa dikatakan sembuh apabila pasien sudah melakukan uji swab yang kedua.

“Pada 1 Mei 2020 hasil uji swab yang kedua¬† dari BBTKL PP Jogjakarta, menunjukkan hasil negatif. Yang bersangkutan dinyatakan sembuh dari Covid-19,” jelasnya. (asa/amd)

Magelang