RADAR JOGJA – Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang memiliki perhatian khusus terhadap tenaga kesehatan yang bekerja di beberapa rumah sakit di Kota Magelang selama pandemi virus korona (Covid-19). Forum tersebut memberikan bantuan berupa extra voeding (makanan tambahan) kepada mereka.

”Tujuannya supaya SDM (sumber daya manusia) di rumah sakit Kota Magelang sehat semua. Bantuan tidak seberapa, berupa extra voeding. Ada susu, madu, telur, dan makanan kecil,” jelas Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito Selasa (21/4).

Penyerahan secara simbolis extra voeding dilakukan pejabat teras Forpimda. Selain Wali Kota Magelang, ada Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Magelang Wawan Ernawan, Ketua Pengadilan Negeri Kota Magelang M. Djohan Arifin, dan Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto.

Rumah sakit yang diberi bantuan antara lain RSUD Tidar, RST dr Soedjono, RSU Budi Rahayu dan RSJ Prof Dr Soerojo. Seluruh rumah sakit ini merupakan rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien kasus virus korona.

Sigit menjelaskan, bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap SDM rumah sakit. Mereka memiliki peran penting sebagai benteng terakhir penanganan virus tersebut.

Dia menilai, sejauh ini komitmen rumah sakit sangat serius dalam menangani pandemi virus korona. Bahkan, rumah sakit sampai memiliki satuan tugas masing-masing. Semua elemen mendukung rumah sakit, puskesmas, dan para tenaga medis dalam melayani masyarakat.

”Kita harus saling membantu. Kita tidak bisa sukses dengan upaya sendiri. Semua elemen harus mendukung. Kalau di rumah sakit, ya dokternya, perawatnya, bahkan sampai cleaning service-nya harus saling mendukung,” katanya.

Wawali Windarti menambahkan, seluruh elemen masyarakat harus bersatu dan saling mendukung agar pandemi ini segera berakhir. “Kita semua harus bersatu, bersemangat, sehingga kita menang melawan Covid-19,” tuturnya.

Plt Direktur RSUD Tidar Kota Magelang Septi Milna Soelistyani menyambut baik bantuan dari Forpimda Kota Magelang ini. Bantuan ini bisa memberikan semangat kepada petugas rumah sakit dan tenaga kesehatan dalam menangani Covid-19. ”Ini bentuk kepedulian beliau-beliau kepada petugas rumah sakit dan tenaga kesehatan. Kami tetap semangat menjalankan tugas, khususnya menangani Covid-19,” jelasnya.

Direktur RSJ Prof Dr Soerojo Magelang dr Eniarti MSC SpKJ MMR menambahkan, bentuk perhatian pimpinan daerah ini sangat bernilai bagi para tenaga kesehatan yang sedang berjuang menangani Covid-19. Saat ini pihaknya sedang menangani 47 pasien PDP maupun ODP.

Dari jumlah itu, sebanyak 33 orang menjalani rawat inap dan 14 orang melaksanakan karantina mandiri. “Di antara mereka ada juga PDP yang merupakan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), kiriman dari Jogja,” ungkapnya. (asa/amd)

Magelang