RADAR JOGJA – Pemerintah Kota Magelang ingin mensosialisasikan budaya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Prestasi dan penghargaan seperti Adipura dan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tidak lain karena peran serta masyarakat mendukung program-program pemkot.

”Selama ini masyarakat Kota Magelang selalu nyengkuyung (meandukung) upaya pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujar Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina di sela kerja bakti membersihkan kota Jumat lalu (6/3). Kegiatan ini diikuti sejumlah pejabat pemkot. Selain Wawali, tampak Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono.

Kerja bakti yang merupakan salah satu agenda dalam program Moncer Serius 2020 ini digagas Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP/Corporate Social Responsibility-CSR) Kota Magelang. Ikut terlibat pula Dinas Sosial Kota Magelang.

Kegiatan ini mengusung tema Cinta Kebersihan. Tujuannya untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat peduli lingkungannya.

Kegiatan dimulai dengan apel dan penyerahan simbolis sapu lidi dari wawali kepada Ketua Penasihat Forum TJSLP Slamet Santoso. Peserta kerja bakti lantas disebar ke sebelas titik di seluruh jalan protokol di Kota Magelang.

”Mudah-mudahan ini menginspirasi semua organisasi kemasyarakatan yang lain untuk bersama-sama menciptakan suasana yang sejuk, nyaman, dan indah bagi Kota Magelang,” imbuhnya.

Wawali berharap keterlibatan Forum TJSLP dalam gerakan kebersihan bisa menjadi sebuah aksi berkelanjutan. Terlebih, situasi global saat ini sedang merebaknya virus Covid-19 atau virus korona dan di beberapa daerah di Indonesia terjadi kejadian luar biasa demam berdarah.

”Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan, mulai dari diri sendiri, termasuk menjaga kebersihan lingkungan. Pola hidup bersih sehat yang telah kita terapkan selama ini ternyata bisa menjadi salah satu cara menangkal virus korona”, ujarnya.

Sekda Joko Budiyono, yang juga ketua Forum TJSLP Kota Magelang, menyatakan, kerja bakti ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat melalui Forum TJSLP. Dia berharap langkah ini memberikan kontribusi nyata mewujudkan kemajuan Kota Magelang dan kesejahteraan masyarakat.

“Ada dua  hal yang menjadi fokus utama Forum TJSLP, yaitu membantu menata kota dan membantu mengentaskan kemiskinan,” tambahnya. (asa/amd)

Magelang