RADAR JOGJA – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Magelang 2020 merupakan ajang menjaring atlet pelajar berprestasi. Mereka diproyeksikan mewakili Kota Magelang dalam ajang popda tingkat Eks Karesidenan Kedu di Kabupaten Wonosobo pada 24-28 Februari 2020 dan tingkat provinsi.

”Saya harap seluruh peserta dapat menjunjung sportivitas di berbagai lomba pada popda tahun 2020 ini. Diharapkan pula melalui kegiatan ini dapat meningkatkan prestasi olahraga Kota Magelang,” kata Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina saat pembukaan Popda Kota Magelang 2020 di halaman Disporapar Kota Magelang Senin (3/2).

Dia berpesan perangkat pertandingan juga harus sportif. Mereka mesti menjaga objektivitas, jujur, dan adil dalam memimpin dan menilai pertandingan.

Popda Kota Magelang yang diselenggarakan Disporapar Kota Magelang ini diikuti 2.758 atlet. Mereka akan berkompetisi di 19 cabang olahraga. Ajang ini diikuti atlet pelajar tingkat SD, SMP, serta SMA sederajat.

Kepala Disporapar Kota Magelang Jarwadi mengemukakan, popda tahun ini digelar di beberapa venue. Di antaranya, Stadion Abu Bakrin, GOR Djarum, Aula SMAN 4 Kota Magelang, Lapangan Tenis Moncer Serius, halaman Disporapar Kota Magelang, Lapangan Rindam IV Diponegoro, GOR Samapta, dan Stadion Moch Soebroto.

Selain itu, di Kolam Renang Sukoco, Aula SMKN 1 Kota Magelang, Aula Kecamatan Magelang Tengah, dan Balai RW IV Karet.

Sedangkan 19 cabor yang dipertandingkan antara lain atletik, bola voli, bola basket, bulu tangkis, panahan, sepatu roda, taekwondo, pencak silat, karate, kempo, renang, dan sepak takraw. Selain itu, dipertandingkan tenis lapangan, tenis meja, sepak bola, tarung derajat, gulat, tinju, dan judo.

Menurutnya, popda merupakan bentuk dukungan Pemkot Magelang mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Selaun itu, menjadikan olahraga sebagai budaya dan wahana kompetisi olahraga pelajar.

“Popda Kota Magelang tahun ini jadi ajang seleksi untuk popda tingkat Kedu dan provinsi. Selain iu, popda juga sebagai langkah awal mencapai target sepuluh besar Porprov XVI tahun 2022,” tandas Jarwadi. (asa/amd)

Magelang