RADAR JOGJA – Joko Budiyono terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Magelang. Figur yang saat ini menjabat sekretaris daerah (Sekda) Kota Magelang tersebut bertekad fokus membangun persepakbolaan dari usia muda.

“Dunia sepak bola Kota Magelang harus bangkit lagi. Semoga muncul bibit-bibit penerus sepak bola yang bagus setelah duo kembar andalan Timnas U-19 Bagas (Kaffa) dan Bagus (Kahfi),” tegasnya saat dihubungi Rabu(22/1).

Joko terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) 2020 Askot PSSI Kota Magelang di Aula Disporapar Kota Magelang pada Selasa (21/1). Forum itu dihadiri setidaknya perwakilan 14 klub dari total 19 klub.

Demi mewujudkan visinya, Joko siap mengelola organisasi secara modern. Dia bakal menarapkan pola kerja sama dan komunikasi yang efisien. “Saya akan menggunakan pola kerja sama dan manajemen terbuka, dan masing-masing sesuai tugasnya,” ungkapnya.

Joko mengaku tidak bisa bekerja sendiri. Bantuan dan dorongan dari kalangan internal maupun eksternal sangat dibutuhkan. “Dari pihak manapun, kita akan membuka diri. Karena tujuan kita satu, untuk memajukan sepak bola di Kota Magelang ini, bicara banyak di kancah regional bahkan nasional,” paparnya.

Selain itu, Joko menyatakan ingin membentuk kesebelasan utama PSSI Kota Magelang. Tim ini diperkuat pemain-pemain terbaik dari kompetisi yang diadakan. “Dasarnya dari kompetisi-kompetisi yang ada. Saya sudah mengizinkan, semoga ini bisa jalan,” jelasnya.

Selain itu, dia juga akan mengadakan coaching clinic kepada guru-guru olahraga SD dan SMP. “Guru-guru olahraga SD dan SMP akan kita berikan coaching clinic untuk memberikan pemahaman yang kepada guru-guru,” paparnya. (asa/amd)

Magelang