RADAR JOGJA – Jembatan yang menjadi penghubung utama menuju ke objek wisata (obwis) Gua Seplawan akan diperbaiki tahun ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mengalokasikan anggaran senilai Rp 3,4 miliar.

Jembatan tersebut berada di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing. Keberadaannya dinilai terlalu sempit dan agak kesulitan digunakan dari arah Seplawan saat hendak masuk jalan provinsi menuju ke Jogjakarta. “Anggaran sudah disiapkan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Purworejo, Suranto, Kamis (2/2).

Dijelaskan, jembatan yang ada selama ini merupakan jembatan lama yang belum pernah dilakukan perbaikan. Kondisinya memang sempit. Bahkan, kendaraan roda empat yang berpapasan harus bergantian untuk menggunakannya.

Jembatan itu memiliki lebar kurang dari empat meter dengan panjang sekitar 12 meter. Rencananya nanti, lebar jembatan akan ditingkatkan menjadi sekitar tujuh meter. Satu meter di antaranya untuk trotoar dan sisanya untuk jalan. “Ada perubahan konstruksi jembatan yang selama ini berada di bawah jalan provinsi,” imbuh Suranto.

Rencananya jembatan akan langsung terkoneksi dengan jalan utama. Kendaraan dari arah atas (Sepalawan) tidak perlu repot saat hendak berbelok ke kanan ke arah Jogjakarta.  “Ada peninggian jembatan. Sekitar tiga meter,” tambahnya.

Suranto mengungkapkan, peningkatan jalan itu diarahkan untuk mendukung keberadaan pariwisata di Kecamatan Kaligesing. Sayangnya, peningkatan jembatan itu belum diikuti dengan akses yang menuju kawasan Seplawan.

Untuk jalan hanya dilakukan perawatan terlebih dahulu. Apalagi anggaran pemeliharaan pada 2020 juga besar. “Karena bupati ingin semua jalan di Purworejo itu mulus,” katanya. (udi/din)

Magelang