RADAR JOGJA – Ada saja pelajar yang menjadi pengguna narkoba. Dari 29 orang yang menyalahgunakan narkoba, terdapat 20 orang di antaranya yang berstatus pelajar.

Kepala Badan Narkotikan Nasional (BNN) Kabupaten Magelang Catharina menjelaskan, masyarakat perlu prihatin dengan realitas ini. Masyarakat juga mesti ikut berperan aktif mencegah penyalahgunaan narkoba. “Kami tidak bisa menangani sendiri,” jelasnya saat dihubungi Selasa (31/12).

Angka pelajar yang menyalahgunakan narkotika tersebut tercatat sejak Klinik Pratama Bina Sehat mulai beroperasi 28 Maret lalu. Selain menangani kasus penyalahgunaan narkoba, klinik ini juga melayani penerbitan surat keterangan hasil pemeriksaan narkotika (SKHPN). Sepanjang 2019, klinik ini telah melayani 170 orang.

BNN telah melakukan berbagai cara untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba. Melalui Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, BNN melakukan sosialisasi kepada 6.473 pelajar dan mahasiswa. Sosialiasikan juga dilaksanakan kepada 182.630 masyarakat umum dan 235 pegawai di instansi pemerintah.

Jumlah pegiat antinarkoba juga meningkat. Kini terdapat 40 anggota dan 180 relawan.

Bidang pemberantasan BNN pun bergerak. Mereka berhasil mengungkap satu kasus. Petugas berhasil menahan seorang pelaku dan barang bukti 0,43 gram narkotika. (asa/amd)

Magelang