RADAR JOGJA – Pemerintah Kota Magelang memberikan bonus kepada para atlet berprestasi yang mengharumkan Kota Magelang di kancah nasional. Setidaknya 41 atlet pelajar dan 8 atlet National Paralympic Committee (NPC) menerima penghargaan ini.

”Jangan lihat nilainya karena memang tidak seberapa. Tapi, ini bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung prestasi para atlet,” ujarnya Sekda Kota Magelang Joko Budiyono saat dihubungi Senin (30/12).

Kepala Dinas Pemuda olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Jarwadi mengatakan, total anggaran untuk bonus Rp 214 juta dikucurkan untuk atlet pelajar. Sedangkan Rp 36 juta bagi atlet NPC.

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Sekda Kota Magelang Joko Budiyono di Aula Disporapar Lpta Magelang (27/12) lalu. ”Dengan segala keterbatasan, pemkot tetap memberikan apresiasi,” jelas Jawardi

Penghargaan kategori pelajar diberikan kepada atle di sepuluh cabor. 10 cabor. Antara lain, cabor renang (12 medali), taekwondo (10 medali), tarung derajat (6 medali), tinju (4 medali), judo (3 medali), pencak silat (2 medali), dan basket (1 medali).

Berikutnya ada atletik (1 medali), bulu tangkis (1 medali), dan gulat (1 medali). Adapun atlet kategori NPC meraih 17 medali.

Secara rinci, atlet yang meraih medali emas tingkat nasional mendapat apresiasi masing-masing Rp 7 juta, medali perak Rp 6 juta, dan perunggu Rp 5 juta. Untuk medali emas tingkat provinsi, peraih emas diganjar Rp 2,5 juta, perak Rp 2 juta, dan perunggu Rp 1,5 juta.

Penghargaan juga diberikan kepada pelatih, masing-masing untuk peraih emas Rp 2,5 juta, perak Rp 2 juta, dan perunggu Rp 1 juta. ”Bagi yang beregu, kita berikan masing-masing medali perak tingkat provinsi Rp 5 juta dan medali perunggu Rp 3,5 juta. Dengan stimulan ini, kami harap prestasi ke depan makin meningkat lagi,” katanya.

Joko mengutarakan, kepentingan atlet menjadi prioritas utama. Anggaran yang tadinya untuk kebutuhan dinas dialihkan menjadi stimulan bagi atlet berprestasi. ”Kebanggaan bagi pemkot yang memiliki aset atlet berprestasi dan berdedikasi ini. Kami juga bangga dengan atlet NPC yang memiliki prestasi luar biasa dan membanggakan Kota Magelang,” tuturnya.

Aset ini, katanya, harus selalu dijaga dan terus ditingkatkan prestasinya. Mereka diharap makin giat berlatih dan suatu saat nanti bisa menjadi atlet nasional.

Terlebih, saat ini Pemkot Magelang telah membangun fasilitas olahraga yang representatie. Di antaranya, GOR Samapta, Stadion Moch Soebroto, akuatik, dan lapangan tenis indoor. (asa/amd)

Magelang