Radar Jogja – Kabupaten Magelang memiliki kekayaan alam luar biasa yang menyimpan potensi besar. Terutama di bidang perkebunan. Kabupaten Magelang berpotensi menghasilkan berbagai komoditas yang memiliki nilai jual tinggi mulai kopi, cokelat, hingga cengkih.

Untuk komoditas kopi, Kabupaten Magelang telah membudidayakan dua varietas yakni robusta dan arabika. Arabika dikembangkan di lereng Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, dan Gunung Andong. Sedangkan robusta banyak ditanam di wilayah Kecamatan Grabag.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Magelang Romza Ernawan menjelaskan, saat ini instansinya sedang memproses Nomor Pokok Indikasi Geografis (NPIG) Kopi Merapi Merbabu. Jika proses selesai, komoditas kopi di wilayah Grabag dan sekitarnya dapat diekspor.

“Saat sudah punya NPIG, eksporter pasti menanyakan,” jelasnya kepada Radar Jogja.

Dia menegaskan, berbagai jenis kopi yang telah memiliki NPIG cukup dikenal di pasar domestik maupun internasional. “Seperti Kintamani, Malabar, Gayo. Mereka punya karakter tertentu. Beda dengan yang lain,” jelasnya.

Romza optimistis petani kopi di Kabupaten Magelang dapat berkembang. Kualitas produknya terjaga. “(Petani kopi) mulai sadar bahwa kopi yang terbaik adalah kopi petik merah. Sekarang mereka sudah paham,” jelasnya.

Saat ini jalur distribusi biji kopi olahan telah mulai mapan. “Mereka sudah mulai ¬†berproses. Sudah memiliki jaringan masing-masing,” jelasnya.

Biji hijau jenis robusta dibanderol dengan harga kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram untuk. Sedangkan harga arabika mulai Rp 75 ribu smpai Rp 80 ribu per kilogram.

“Kami mengakses (informasi) dari berbagai sumber, kami dorong untuk Arabika. Tahun 2020 kami ada alokasi lima ratus hektare lagi,” jelasnya.

Saat ini produksi kopi robusta mencapai 1.454 ton per tahun. Sedangkan arabika sebanyak 34 ton.

Berpijak pada jumlah produksi ini, Romza optimistis selama tiga tahun NPIG dapat diperoleh. Langkah ini akan meningkatkan kesejahteraan petani kopi. (asa/amd)

Magelang