RADAR JOGJA – Kaum ibu di Kota Magelang diharapkan meningkatkan peran dalam pembangunan. Langkah itu agar kaum ibu menjadi sosok yang berdaya, mandiri, kreatif, inovatif, dan percaya diri.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam upacara peringatan 91 tahun Hari Ibu dan 71 tahun Hari Bela Negara di kompleks kantor Pemkot Magelang SeninĀ  (23/12). Tema peringatan Hari Ibu kali ini adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.

“Kaum ibu diharapkan semakin berkontribusi dalam pembangunan. Terutama, pembangunan manusia melalui unit terkecil yakni keluarga,” kata Sigit.

Sigit berpesan agar masyarakat memiliki cara pandang yang berwawasan Nusantara sehingga menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan. “Bela negara saat ini tidak perlu dilakukan dengan cara memanggul senjata. Tapi, menjalankan profesi kita dengan baik juga merupakan bela negara,” ungkapnya.

Dia juga mengajak masyarakat menunjukkan aktualisasi bela negara dengan karya terbaik sesuai profesi masing-masing. Nilai-nilai bela negara perlu disebarkan di lingkungan masing-masing. Dengan demikian, bela negara tumbuh menjadi kesadaran bersama sebagai gerakan nasional.

“Bela negara sebagai bentuk tanggung jawab dalam mempertahankan NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” tandasnya. (asa/amd)

Magelang