RADAR JOGJA – Perempuan mendapat tempat yang baik dalam pemerintahan di Kota Magelang. Perbedaan gender di lingkungan Pemkot Magelang sudah tidak terlalu timpang. Ini terbukti ada beberapa kepala dinas yang dipegang perempuan. Bahkan, ada banyak perempuan yang duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Magelang.

“Selama ini sudah bagus. Tinggal menguatkan saja di semua lini,” jelas Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina saat memberikan sambutan dalam jalan sehat Hari Ibu bertema Perempuan Bergaya Indonesia Maju di kawasan Gelora Sanden Kota Magelang Minggu (8/12).

Menurutnya, perempuan tidak hanya berkutat pada rumah tangga. Lebih dari itu, perempuan ┬ábisa berkontribusi besar terhadap kemajuan negara. “Pemberdayaan perempuan di Kota Magelang juga sudah bagus,” jelasnya.

Pemberdayaan perempuan mencakup berbagai sektor. Termasuk sektor ekonomi. “Dengan pemberdayaan ini, kami harap potensi yang ada dalam diri tiap wanita dapat terus ditingkatkan,” ucapnya

Jalan sehat yang diprakarsai Tim Penggerak PKK Kota Magelang itu digelar untuk memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019 tingkat Kota Magelang. Kegiatan ini diikuti ribuan peserta.

Wawali Windarti ikut jalan sehat bersama peserta. Tampak pula Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono dan Ketua TP PKK Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito.

Rute yang dilalui sekitar 1,5 kilometer. Start dan finish di Bundaran Gelora Sanden.

Ketua Panitia Jalan Sehat Yulis mengatakan, kegiatan ini dilakukan PKK se-Provinsi Jawa Tengah berdasarkan perintah ketua umum. Tujuannya untuk memperingati Hari Ibu dan mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan berjalan kaki.

“Tidak hanya jalan sehat, kita juga lengkapi dengan senam bersama. Senam kita bagi dua jenis, yakni osteoporosis dan aerobik. Setelah senam langsung kita bagikan puluhan hadiah doorprize dan hiburan musik,” ujarnya di sela acara. (asa/amd)

Magelang