MUNGKID – Sebanyak 1.281 pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Magelang yang tersebar di 21 kecamatan, perlu dioptimalkan untuk mengawal tumbuh kembang anak. “Ini menjadi investasi kita di masa depan,”  tandas Kepala Subdirektorat PAUD dan Pendidikan Masyarakat Bappenas Sukardono.

Ia menyampaikan hal ini saat membuka focus group discussion (FGD) Pemetaan Potensi Indikator RAN PAUD HI 2019-2024, di Balkondes Ngargogondo, Selasa (6/8). Dikatakan, usia dini merupakan periode emas sekaligus masa kritis yang keberhasilannya sangat menentukan kualitas anak di masa dewasanya.

Sukardono menambahkan, kebutuhan tumbuh kembang anak meliputi gizi, kesehatan, pendidikan, pengasuhan, perawatan, dan perlindungan. Berbagai cakupan ini perlu dipenuhi oleh tiap keluarga. Ia menekankan, anak perlu dilindungi dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, dan eksploitasi.

“Diperlukan keterpaduan layanan dasar agar anak dapat tumbuh dan berkembang. Sehingga terbentuk anak yang memiliki kepribadian santun dan berakhlak mulia,” jelasnya.

Asisten Deputi Bidang PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Masyarakat Kemenko PMK Feni Eka Kartika Putri menambahkan, untuk membentuk generasi yang baik, peran serta masyarakat sangat penting. Dalam program PAUD, orang tua dan guru bisa saling bekerja sama dalam menuntun anak menjadi generasi yang hebat.

Dikatakan, usia dini merupakan momen tepat untuk menanamkan nilai dan pendidikan pada anak, termasuk status gizi yang menjadi salah satu aspek terpenting guna mendukung tumbuh-kembang, pembentukan karakter, serta kecerdasan yang akan dibawa hingga usia dewasanya.

“Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini menjadi sebuah sarana yang tepat dalam memberikan pengenalan nutrisi yang tepat dengan stimulasi yang sesuai tahapan tumbuh-kembang anak,” tandas Feni.

Inilah, lanjutnya, yang kemudian disebut sebagai holistik integratif. Pengembangan PAUD holistik integratif adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam,  meliputi berbagai aspek fisik dan non-fisik, termasuk mental, emosional, dan sosial. (cr10/laz/fj)

Magelang