MAGELANG – Ribuan orang  memadati lokasi digelarnya  Magelang Selatan Expo (Magsel Expo) 2019 di halaman kantor Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jumat (2/8). Masyarakat antusias mengikuti rangkaian acara dalam pembukaan itu.

Ada beberapa acara dalam event ini, mulai jalan sehat, lomba karaoke, lomba masak, lomba mewarnai, peragaan busana hingga pemeriksaan kesehatan dan donor darah. Magsel Expo 2019 diadakan untuk  HUT ke-74 Kemerdekaan RI, sekaligus memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh 23 Juli lalu.

“Magsel Expo tahun ini adalah yang ke-2. Kami selenggarakan selama dua hari, 2-3 Agustus. Diikuti seluruh warga, perangkat kelurahan, OPD Kota Magelang dan anak-anak PAUD/TK/SD di wilayah Magelang Selatan,” jelas Pelaksana Harian Camat Magelang Selatan Adhika Kudiarso.

Adhika menambahkan, Magsel Expo juga sebagai upaya mendukung pencapaian program Kota Cerdas dengan mengembangkan keunggulan usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah ini. Oleh karena itu, di Magsel Expo tersedia belasan gerai yang memamerkan dan menjual beragam produk-produk warga seperti batik, kerajinan kerang, tas, makanan olahan tahu dan sebagainya.

Selain itu, ada juga pameran produk layanan dari OPD Kota Magelang, di antaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Badan Penelitian dan Pengembangan, serta Dinas Perumahan dan Permukiman. “Melalui kegiatan ini kami ingin kenalkan dan mempromosikan potensi wisata, serta potensi ekonomi di sekitar Magelang Selatan,”  tandas Adhika.

Wali Kota Sigit Widyonindito dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Kota Joko Budiyono memaparkan, UMKM merupakan sektor penopang perekomonian daerah. Untuk itu Magelang Selatan Expo 2019 digelar.

“Ini juga sebagai ajang promosi yang efektif untuk memperkenalkan potensi itu kepada masyarakat Kota Magelang. Inisiasi ini menjadi salah satu wujud partisipasi memajukan Kota Magelang. Saya harap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,”  ujar Sigit. (cr10/laz/rg)

Magelang