MAGELANG – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang bekerjasama dengan Taman Pintar Jogjakarta dan Universitas Gajah Mada menyelenggarakan Kompetisi Roket Air untuk SLTP sederajat se Kota Magelang. Acara tersebut berlangsung dari pagi hingga sore Kamis (20/6).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang Arif Barata menyebutkan, kompetisi ini untuk mencari bibit inovator muda dalam bidang sains dan teknologi. ”Kompetisi ini difokuskan pada desain dan peluncuran roket air,’’ ujarnya.

Kompetisi yang berlangsung di Bakorwil 2 Kota Magelang ini diikuti total 366 peserta. Dengan rincian 206 peserta kompetisi roket air, 100 peserta lomba fotografi dan sisanya mengikuti kelas membatik.

Sebelum mengikuti lomba, para siswa telah terlebih dahulu mendapatkan pelatihan dari Balitbang.  “Jadi di sini, para siswa sudah bisa membuat sendiri roketnya, para guru hanya mendapampingi saja,” kata Arif.

Roket yang dibuat dan dilombakan pada ajang tersebut dibuat dengan bahan-bahan bekas nan sederhana. Seperti botol minuman dan beberapa bahan lain.  Setiap peserta yang ikut serta dalam berbagai ajang tersebut sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

Selain menyajikan kompetisi roket air sebagai menu utamanya, ajang ini juga dimeriahkan dengan lomba fotografi, kelas membatik, atraksi drone, pemeran teknologi, dan flying robot. (cr12/din/er)

Magelang