MAGELANG – Kontigen Kabupaten Magelang akhirnya merebut medali emas di hari kedua Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Sekolah Dasar Jawa Tengah di Semarang. Medali emas disumbangkan dari nomor renang atas nama Sherly Andromeda Helmi di nomor gaya punggung 100 meter.

Prestasi Sherly ini cukup luar biasa. Siswa SDN 1 Pakis itu berhasil mengalahkan lawan-lawan yang tangguh termasuk dari kontingen Kota Semarang yang selama ini biasa menjadi juara.

Arif Rahman Hakim dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Magelang mengaku sangat senang dengan prestasi dari Sherly.”Semoga ini menjadi motivasi atlet lain,’’ katanya Selasa (18/6).

Selain turun di nomor renang, Kabupaten Magelang juga turun di berbagai ajang lain. Seperti sepak takraw, bola voli, pencak silat, tae kwon do, karate, panahan, tenis meja, dan tenis lapangan. Kendati berharap para atlet Kabupaten Magelang bisa meraih medali, Arif tak mau terlalu membebani para atletnya yang masih sangat muda itu. “Yang penting tujuan utama kami untuk pembinaan mereka,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Sinung punya pesan kepada para guru dan pelatih yang menangani para atlet muda. “Didiklah sejak dini, anak-anak kita untuk menjadi atlet yang berprestasi hingga di kancah dunia” ujarnya.

Popda Sekolah Dasar tingkat Jawa Tengah 2019 masih akan berlangsung sampai tanggal 20 Juni mendatang. Di ajang tersebut, Kabupaten Magelang mengirim 65 delegasi dengan rincian 50 atlet dan 15 pelatih serta ofisial.(cr12/din/zl)

Magelang