MAGELANG – Dua organisasi kewanitaan di Kota Magelang menggelar dua kegiatan berbeda. Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan lomba membuat aneka kue yang diikuti 40 unsur pelaksana. Sedangkan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) mengadakan seminar kesehatan bertajuk “Peran Keluarga dalam Asuhan Penderita Kanker” di Pendapa Pengabdian.

Lomba membuat kue diadakan dalam rangkaian memperingati HUT Ke-20 DWP di Gedung Wiworo Wiji Pinilih sekaligus memeriahkan Hari Jadi Ke-1.113 Kota Magelang dan Hari Kartini tahun 2019. Acara dibuka Pembina DWP Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito. Dia mendorong kaum ibu untuk kreatif dalam menyediakan hidangan keluarga. Selain lebih hemat, keluarga akan lebih gemar makan makanan sehat.

“Anak-anak lebih suka makan makanan sehat yang dihidangkan di rumah. Juga lebih hemat, tidak usah pesan bahkan apabila hasilnya bagus bisa menjadi peluang usaha untuk menambah income keluarga,” katanya kemarin.

Ketua panitia lomba Ratna Ningsih Djarwadi menyampaikan, lomba membuat aneka kue dimaksudkan agar para anggota menjadi sumber daya manusia (SDM) kreatif dan inovatif. Nantinya diharapkan bisa menambah penghasilan dan menciptakan lapangan kerja sebagai penggerak perekonomian keluarga.

“Tujuan lomba ini agar para anggota yang notabene kaum ibu termotivasi untuk lebih kreatif. Diharapkan mereka juga bisa menciptakan lapangan kerja,”  katanya.

Sementara itu, seminar kesehatan adalah salah satu upaya GOW dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut Ketua GOW Kota Magelang Sri Rejeki Sulistyono, seminar ini merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-67 GOW dan HUT Ke-42 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang bersamaan dengan Hari Kartini. Narasumber yang dihadirkan, dr Agus Ali Fauzi PDG PALL Med Ecu dari Surabaya yang menyampaikan materi seputar keluarga dan kesehatan wanita, terutama penyakit kanker.

Menurut Sri Rejeki, perempuan memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dengan laki-laki dalam hal kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Kartini 2019 yakni “Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Kualitas Keluarga untuk Jawa Tengah Maju dan Berdikari”. “Oleh karena itu kami  adakan seminar ini agar keluarga paham tentang penyakit kanker, mulai gejala hingga mengatasinya,” tandas  Sri. (dem/laz/zl)

Magelang