MAGELANG – Keberadaan Pasar Seni Magelang (PSM) di Skylight Plaza, Jalan Tentara Pelajar sebagai wadah penjualan dan promosi bersama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan segera terwujud. Mereka bertekad menjadikan pusat penjualan oleh-oleh khas Magelang itu dengan tagline one stop shopping.

Upaya ini juga diperkuat komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang yang akan mengarahkan tamu-tamu pemerintahan untuk berbelanja ke PSM. Syaratnya, para pelaku UMKM selalu meningkatkan daya saing produk dengan memastikan kualitas produknya.

“Manfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memperluas pasar dan terus berinovasi menemukan ide-ide baru,’’ pesan Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina usai peresmian PSM, Selasa (5/3).

Pemkot Magelang mengapresiasi para pelaku UMKM yang berinisiatif membuat PSM ini. Pasar ini sebagai langkah kreatif dan inovatif dalam mempromosikan dan menjual produk UMKM.

Perkembangan ekonomi kerakyatan melalui sektor kreatif mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk maju dan sejahtera. ”Di era ekonomi kreatif ini, yang diutamakan adalah inovasi,” tuturnya.

Menurut dia, sektor UMKM masih memiliki peluang yang luar biasa. Apalagi, di Kota Magelang yang minim sumber daya alam (SDA), sektor UMKM dan jasa harus terus ditingkatkan.

Bukan tidak mungkin, PSM ini menjadi destinasi baru di Kota Sejuta Bunga. “Dari sisi seni, juga dapat memacu kreativitas anak-anak muda kita, sehingga PSM menjadi wadah mereka berekspresi,” ujarnya.

Ketua PSM, Tri Hastutik mengatakan, hadirnya pasar ini sebagai wujud cita-cita pelaku UMKM Kota Magelang. Mereka ingin memiliki pusat penjualan produk.

Tidak hanya penjualan, tapi juga pameran dan segala aktivitas seni bisa dilakukan di sini. PSM bisa jadi etalase produk UMKM Kota Magelang.

“Di sini ada 17 outlet yang menyajikan beragam produk. Seperti kuliner, batik, kerajinan, makanan ringan, tanaman hias, dan lainnya,” ujarnya. (dem/din/fj/mg2)

Magelang