MAGELANG  -Pelaksanaan Pemilu 2019 semakin dekat. Seluruh jajaran Kodim 0705/Magelang diperintahkan untuk bersikap netral dalam pesta demokrasi pemilihan legislatif, DPD, dan pemilihan presiden/wakil presiden ini. Perintah itu disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono, saat upacara bendera, Senin (4/3).

Menurutnya, semakin dekatnya waktu pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu, akan semakin meningkat suhu politik. Baik secara nasional maupun di wilayah.”Karena itu saya perintahkan semua anggota bersikap netral,”tegasnya.

Menurutnya, kampanye atau sosialisasi masing-masing kontestan semakin seru dan semakin memanas. Berbagai cara dilakukan untuk menarik dukungan massa. Berkaitan dengan itu, Dandim meminta kepada anak buahnya untuk menghindari dari aktivitas yang berbau kampanye dan sejenisnya.Netralitas bagi TNI merupakan harga mati dan harus dijalankan oleh seluruh prajurit.

Sebagai aparat satuan kewilayahan, para Danramil dan Babinsa juga mempunyai tugas dan tanggung jawab mengamankan dan menyukseskannya.
Dandim meminta Danramil dan Babinsa wajib menguasai wilayah binaannya. Sehingga dapat memetakan TPS yang dianggap rawan untu dapat mengambil langkah-langkah antisipasi. Diingatkan pula agar seluruh prajurit dan PNS menghindari pelanggaran sekecil apapun. Karena hal tersebut bukan hanya merugikan dirinya sendiri namun juga memberikan implikasi yang luas. Baik kepada keluarga maupun lebih luasnya berdampak negatif kepada kesatuan.

Menurutnya, saat ini kepercayaan dari masyarakat luas sangat tinggi. Karena itu dia mengajak untuk menjaga amanah dengan berbuat baik sesuai tugas dan fungsi serta sesuai koridor hukum. Selain itu sebisa mungkin memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. “Jangan malah sebaliknya,” pintanya.

Dandim juga mengajak agar para prajurit untuk menjaga keluarga agar tetap harmonis. Mendidik putra putrinya dengan baik. Meningkatkan pengawasan sehingga mereka tidak terjerumus dalam pergaulan yang negatif.”Sayangi keluarga. Karena mereka adalah amanah dan penerus kita,” tandasnya. (dem/din/mg4)

Magelang