MUNGKID – Menjelang Imlek yang  jatuh pada Selasa (5/2), berbagai acara digelar untuk memeriahkannya. Salah satunya, digelar di Armada Town Square (Artos Mall).

Acara tersebut berupa kompetisi Nyonyo Nonik Fashion Show. Diikuti 46 anak-anak usia 4 tahun hingga10 tahun. Peserta dari Magelang, Jogjakarta, Solo dan Semarang.

Stage Manager Nyonyo Nonik Fashion Show, Hendry Purnomo menjelaskan, kompetisi bertujuan memeriahkan Imlek. Termasuk menjaring bibit-bibit belia dalam dunia modeling di Magelang.

‘’Kegiatan tersebut juga sebagai upaya mengasah bakat anak. Dengan kompetisi tersebut, diharapkan masyarakat tahu, di Magelang banyak potensi modelling,” kata Hendry, kemarin.

Dari 46 peserta, diambil tiga juara untuk masing-masing kategori Nonyo dan Ninik. Juara I mendapat uang Rp 1 juta, juara II Rp 750 ribu dan juara III Rp 500 ribu.

“Para juara juga akan mendapatkan trofi, sertifikat, dan bingkisan,” tutur Hendry.

Salah seorang juri Nyonyo Nonik Fashion Show, Gading Kamandanu menerangkan, ada tiga aspek yang menjadi penilaian juri. Yakni keselarasan kostum, ekspresi, dan teknik berjalan (body language). Teknik berjalan memiliki bobot tertinggi, 40 persen.

“Disusul keselarasan kostum dan ekspresi masing-masing berbobot 30 persen. Penampilan peserta semuanya bagus. Tetapi kami memilih yang terbaik untuk jadi juara,” kata Gading.

Kategori Nyonyo juara I diraih Narendra Abrisam, disusul Kiandra Mas Majesti, dan Fachry Arielya. Kateogri Nonik, Juara I diraih Valerie Jacqueline, disusul Ayumi Esperanza Soesanto, dan Najma Mumtaza.

“Saya tidak menyangka menjadi juara pertama. Sebab saingannya banyak dan berat. Saya bersyukur dan senang karena meraih juara I,” jelas Narendra, siswa sekolah model di Magelang.

Rencananya, saat Imlek, Artos Mall menggelar acrobatic liong dance dan barongsai. Pernik Imlek juga dihadirkan bagi pengunjung yang ingin berbelanja.

Acrobatic liong dance akan dipentaskan sasana barongsai Singa Emas klenteng Liong Hok Bio Magelang. Dimulai pukul 11.00 di Atrium Artos Mall.

Setelah beraksi satu jam, Liong Dance dan Barongsai akan mengelilingi tiap lantai Artos Mall hingga sore hari. Seluruh toko di Artos Mall ikut memeriahkan acara ini dengan memasang angpao yang akan diambil barongsai.

“Atraksi ini kami adakan setiap tahun. Sebagai hiburan bagi pengunjung. Menonjolkan keindahan budaya peranakan, merupakan asimilasi budaya Indonesia dan Tionghoa. Mampu menciptakan pertunjukan yang artistik,” kata Event Promotion Artos Mall, Andrita Ayu. (dem/iwa/tif)

Magelang